Air Terjun Toroan adalah Air Terjun Tertinggi di Madura

0
Photo: Afif Triyoga

Madura – Air Terjun Toroan adalah air terjun tertinggi yang berada di Madura. Terletak di tepi pantai nepa. Pantai nepa ini merupkan pantai yang terletak di sebelah utara pulau. Jadi, Air Terjun Toroan ini berhadapan langsung dengan perairan laut jawa. Objek wisata air terjun rasanya sudah tidak asing lagi buat kamu semua. Air terjun menjadi salah satu pilihan destinasi untuk berwisata favorit selain pantai dan pegunungan. Pulau Madura yang dikenal sebagai pulau yang gersang sepertinya opini itu terbantahkan karena ternyata di Pulau Madura terdapat sebuah air terjun yang begitu indah.

Kawasan objek wisata air terjun ini terletak di Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang. Masih menjadi satu kawasan dengan objek wisata Pantai Nepa dan Hutan Kera Nepa atau sekitar 5 km perjalanan saja. kamu juga tidak perlu khawatir dengan akses jalan menuju kawasan air terjun Toroan. Karena akses jalannya yang cukup bagus walaupun sesekali kamu harus berhadapan dengan truck Fuso di kawasan Pantura. Ada dua pilihan akses jalan yang bisa kamu pilih untuk bisa sampai menuju air terjun toroan.

Pertama kamu bisa memilih melewati arah Pantura (Pantai Utara) di kabupaten Bangkalan dan pilihan yang kedua kamu bisa memutar arah melewati tengah kota Sampang. Jika kamu menggunakan kapal yang ada di pelabuhan Kamal kami sarankan untuk melewati arah Pantura karena jarak tempuhnya lebih dekat. Jika kamu menggunakan Tol Suramadu kamu tetap bisa melewati jalan Pantura juga bisa berputar melewati tengah kota Sampang kemudian menuju ke kecamatan Ketapang.

Buat kamu yang menggunakan kendaraan umum, dari pelabuhan Kamal kamu bisa menumpang mobil L 300 menuju kecamatan Ketapang dengan ongkos sebesar Rp. 20.000. Begitu pula buat kamu yang memilih menggunakan Tol Suramadu, dari Terminal Bungurasih Surabaya kamu bisa memilih bus akas yang menuju kabupaten Sampang. Setelah sampai di kota Sampang kamu bisa turun di kawasan Barisan dan melanjutkan perjalanan dengan mobil L 300 menuju kecamatan Ketapang, ongkosnya sebesar Rp. 10.000.

Kamu juga tidak akan dikenakan tarif masuk menuju objek wisata air Terjun Toroan ini, hanya saja kamu harus membayar tarif parkir kendaraan sebesar Rp. 5.000 saja. buat kamu yang datang menggunakan mobil tarif parkir yang harus kamu bayar sekitar Rp. 10.000.

Sebelum benar – benar sampai di air Terjun kamu harus berjalan kaki sedikit saja melewati pesisir pantai yang berbatu. Saat itu kamu akan melihat dan mungkin berpapasan dengan kaum ibu juga bapak yang sedang memikul pasir. Pasir yang mereka ambil dari dasar pantai kemudian dibawa menuju tempat yang lebih tinggi.

Air terjun Toroan biasa masyarakat sekitar menyebutnya ini tidak hanya memiliki keindahan dan kealamian yang masih terjaga. Sama seperti beberapa kawasan objek wisata yang ada di Pulau Madura lainnya, air terjun Toroan masih sangat alami dan sederhana. Nampaknya pemerintah setempat belum berminat untuk mengembangkan objek wisata ini secara serius dan profesional.

Namun, kamu tidak perlu merasa khawatir akan kecewa dengan pemkamungan yang ada disana. Disekitar air terjun Toroan ini ditumbuhi banyak sekali pepohonan sehingga siklus udara begitu sejuk dan sangat rindang. Jika biasanya air terjun hanya ada di kawasan pegunungan atau perbukitan maka lain halnya dengan air terjun Toroan ini. Tidak ada gunung maupun bukit disekitar air terjun dan yang semakin membuat takjub adalah air terjun Toroan berhadapan langsung dengan laut lepas karena letaknya yang berada di pesisir pantai.

Tempat ini juga sangat bagus untuk dijadikan spot fotografi ataupun lokasi pre wedding untuk sepasang kekasih yang akan melakukan persiapan resepsi tentunya dengan didukung oleh para ahli fotografi yang cukup hkamul.

Aliran air yang berasal dari ketinggian 20 meter ini langsung mengalir menuju muara laut, ditambah dengan sempurnanya pemkamungan serta bebatuan yang berada di kawasan bawah air terjun. buat kamu yang bisa berenang silahkan mencoba sensasi berenang di bawah air terjun yang cukup dalam sekitar 2 meter. Namun sayangnya masih belum ada kamar mandi umum, tempat ruang ganti pakaian atau fasilitas umum lainnya.

Biasanya menikmati sunset di dekat air terjun sambil mendengar deburan ombak di laut bukan hal yang tidak mungkin. Dengan datang ke objek wisata air terjun Toroan ini hal itu semua bisa kamu dapatkan dengan mudah. Dan pesan dari kami adalah untuk ikut menjaga kebersihan dengan minimal membuat sampah pada tempatnya serta tidak merusak ekosistem yang sudah ada. (di/dra)

 

Photo: Afif Triyoga