Makan dimana hari ini? Pertanyaan tersebut selalu muncul tiap hari terutama dikalangan karyawan yang Senin sampai Jumat ada di luar rumah. Pertanyaan simple namun terkadang sulit dijawab karena setiap hari kita berkantor di tempat yang sama dimana kita sudah hafal dengan semua tempat makan disekeliling lokasi kantor. Namun pernahkah kita memperhatikan bahwa beragam tempat makan tersebut memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda-beda.

Mari perhatikan beberapa istilah yang sering digunakan pada sebuah tempat makan, mulai dari Kantin, Restoran, dan Cafe (sumber wikipedia).

Kantin, berasal dari bahasa Belanda: kantine adalah sebuah ruangan yang umumnya ada di dalam atau di area sebuah gedung umum yang dapat digunakan pengunjungnya untuk makan. Makanan yang disediakan kantin haruslah bersih dan halal. Jenis-jenis makanan yang disediakan pun minimal harus memenuhi 4 sehat 5 sempurna, dan terdiri dari banyak jenis makanan yang bisa berganti setiap hari. Biasanya para pembeli harus mengantri dalam sebuah jalur yang disediakan untuk membeli makanan. Biasanya kantin menjadi tempat berkumpul bagi para penghuni gedung (murid/karyawan/pengunjung). Pesan-ambil-bayar-duduk mungkin merupakan prinsip para pengguna fasilitas kantin. Kebanyakan pengunjung menganggap penting kantin sebagai tempat bersosialisasi, tempat berkumpulnya seluruh penghuni gedung.

Rumah makan adalah istilah umum untuk menyebut usaha gastronomi yang menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati hidangan itu serta menetapkan tarif tertentu untuk makanan dan pelayanannya. Rumah makan biasanya memiliki spesialisasi dalam jenis makanan yang dihidangkannya, misalnya rumah makan chinese food, rumah makan Padang, rumah makan cepat saji (fast food restaurant)  dan sebagainya dengan pilihan menu tetap.

Kafe berasal dari bahasa Perancis café. Arti secara harafiah adalah (minuman) kopi, tetapi kemudian menjadi tempat di mana seseorang bisa minum-minum, tidak hanya kopi, tetapi juga minuman lainnya. Di Indonesia, kafe berarti semacam tempat sederhana, tetapi cukup menarik di mana seseorang bisa makan makanan ringan.

Nah, setelah mengetahui karakteristik dan fungsi dari tiga jenis tempat makan yang umum kita dengar dan banyak kita temui disekitar kita, mungkin akan lebih mudah untuk menjawab pertanyaan di atas: Makan dimana hari ini? Selamat menikmati :)

 

Penulis: Judith Valentina

twitter: @daisyjudith

Editor: Dicky R

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...
Loading...