Apakah makanan termasuk dalam unsur kebudayaan?

0

NGIDERNGILER.com – Semua setuju kalau makanan nggak bisa dipisahkan dari manusia. Makanan merupakan bagian dari kebudayaan, dan hampir semua budaya punya makanan khas masing-masing.

Ada 5 makanan paling lezat di dunia. Hmm, Indonesia nggak termasuk sih, sayangnya. Tapi percaya kan, nggak ada yang ngalahin masakan ‘rumah’ sendiri.

1. Masakan Perancis

Sejak abad pertengahan hingga menjadi hidangan mewah saat Revolusi Perancis, masakan Perancis dikenal dengan teknik tingginya. Masyarakat sering membandingkan keindahan seni masakan Perancis setara puisi-puisi atau kesenian Perancis lainnya. Kue adalah ciri khas dari masakan Perancis. Demikian juga dengan keju dan anggur yang merupakan bagian penting dari masakan Perancis. Di Paris saat ini terdapat lebih dari 5 ribu tempat makan dengan berbagai variasi harga.

2. Masakan Italia
Mungkin masakan Italia adalah salah satu yang tertua di dunia. Diperkirakan masakan Italia sudah ada sejak abad keempat sebelum Masehi. Saat ini masakan Italia sangat dikenal di seluruh penjuru dunia. Masakan Italia biasanya menggunakan kentang, tomat, merica, dan jagung dalam daftar bahan bakunya. Pada masakan Italia, dikenal istilah: antipasto, primo (pasta atau hidangan nasi), second (masakan dari daging), dolce (dessert atau makanan penutup). Di Italia juga dikenal sebagai negara yang memiliki 400 jenis keju dan 300 jenis sosis.

3. Masakan Cina
Masakan Cina berasal dari berbagai penjuru negeri Cina. Saat ini masakan Cina sudah tersebar ke seluruh dunia. Masakan Cina dimakan oleh sepertiga dari penduduk dunia setiap harinya. Masakan Cina dikenal mudah untuk dibuat, ekonomis, dan lezat. Sebagain besar masakan Cina dipotong seukuran gigitan saja, karena dalam budaya Cina, pisau dan garpu dianggap sebagai senjata. Biasanya dalam menghidangkan masakan Cina setiap orang di meja diberikan semangkuk nasi, sementara hidangan lainnya juga dimiliki oleh semua orang di meja.

4. Masakan India
Masakan India Salah satu masakan dunia yang paling beragam, namun hanya satu bagian dari masakan India yang dikenal di seluruh dunia yaitu masakan dari India Utara, yang dikenal sebagai Mughlai atau Punjabi. Ada yang lain 3 kategori masakan India: Selatan, Timur dan Barat.

Sebagian besar makanan vegetarian, tapi banyak juga yang menggunakan domba, kambing, ayam, bahkan ikan. Masakan India biasanya sangat pedas sehingga dibutuhkan waktu untuk membiasakan diri sehingga dapat menikmatinya. Makanan biasanya dimakan tanpa sendok garpu, sambil duduk di lantai, tapi tradisi ini mulai berubah menjadi restoran yang berorientasi ke Eropa atau Amerika Serikat.

5. Masakan Thaliand
Masakan Thailand bersifat campuran keseimbangan antara panas, asam, pahit, dan manis. Makanan Thailand memiliki ciri khas menggunakan rempah segar seperti air jeruk nipis, serai, dan ketumbar segar. Mirip dengan masakan Asia, beras merupakan komponen utama dalam makanan Thailand. (dxn/ra)