Ayam BekakakNGIDERNGILER.com – Ketika berkunjung ke restoran sunda, anda tentunya pernah mencicipi sajian ikan gurame dan ayam bakakak, karena rasanya dan bentuknya yang sungguh menarik, pastinya anda tergiur untuk menyantapnya.

Kenapa disebut dengan ayam bakakak? Awalnya adalah karena upacara yang dilakukan di suatu daerah di Yogyakarta. Bekakak berarti korban penyembelihan hewan atau manusia. Karena bentuknya seperti manusia yang duduk bersila, maka disebutlah ayam bekakak, dan dalam bahasa sunda disebutnya adalah bakakak. Awalnya di Yogyakarta, ayam bekakak dijadikan sebagai ritual sarapan. Dan sekarang, ayam bakakak bukan hanya dinikmati untuk sarapan saja, tetapi bisa disajikan untuk makan siang ataupun makan malam. Dan ternyata kebiasaan tersebut juga dilakukan di wilayah jawa barat, terutama dalam budaya sunda. Dengan cita rasa yang manis dan gurih, maka bumbu tradisional di Sajian Sambara sangat meresap ke dalam daging ayam sehingga pas disajikan dengan nasi hangat ataupun dengan tumisan sayur lainnya.

Ikan Gurame sebagai menu wajib ketika berkunjung ke restoran sunda. Selain rasanya yang enak, ikan gurame memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Gurame adalah ikan asli Indonesia yang memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya sehingga banyak disukai dan menjadi favorit. Kandungan protein di dalam ikan gurame lebih tinggi dibandingkan ikan lele, nila atau ikan mas. Protein memiliki banyak khasiat, yaitu membantu pertumbuhan balita, mencegah banyak penyakit seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi dan kanker. Selain daripada itu, protein di dalam ikan dapat mencegah kulit kasar, dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak.

Di Sajian Sambara, anda dapat merasakan penyajian kedua menu tersebut dengan varian bumbu dan cara pengolahan yang berbeda-beda. Sajian Sambara hadir dengan berbagai pilihan olahan ikan gurame yang bernama Panen Gurame. Tentu saja, Sajian Sunda Sambara akan menyajikan masakan gurame yang tidak biasa untuk Anda. Tidak hanya dibakar atau digoreng saja, tetapi hadir dengan 7 pilihan olahan gurame dengan citarasa yang berbeda. Anda dapat memilih seperti:

  1. Asam Manis
  2. Bumbu Tauco
  3. Saus Lada Hitam
  4. Saus Gurilem
  5. Bumbu Cobek
  6. Saus Tiram
  7. Bumbu Oncom

 

Saus tauco; adalah salah satu bumbu olahan khas yang terbuat dari biji kedelai (Glycine max) dan telah direbus, dihaluskan lalu diaduk dengan tepung terigu kemudian dibiarkan sampai tumbuh jamur (fermentasi). Fermentasi tauco direndam dengan air garam, kemudian dijemur pada terik matahari selama beberapa minggu sampai keluar aroma yang khas tauco atau rendaman berubah menjadi warna coklat kemerahan. Terdapat berbagai cara mengolah tauco yang masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri. Tauco yang beredar di daerah Jawa Barat berbeda dengan tauco dengan di daerah lain. Tiap daerah memiliki keunikan cita rasa tersendiri. Salah satu bumbu tauco yang khas di restoran sunda adalah yang terdapat di dalam menu bakakak hayam dan panen gurame di Sajian Sambara.

Untuk bakakak hayam, masakan ini disajikan dengan ukuran 1 ekor ayam secara utuh dan menggunakan 1 ekor ayam pejantan di setiap penyajiannya. Bumbunya sendiri memiliki beberapa varian seperti:

  1. Saus Gurilem
  2. Saus Lada Hitam
  3. Bumbu Sambal Hejo
  4. Bumbu Keremes
  5. Bumbu Bakar Kecap
  6. Bumbu Oncom
  7. Bumbu Rujak
  8. Bumbu Ngajerit

 

Bagi anda pecinta pedas, akan lebih lezat lagi jika disajikan bersama dengan sambal dadak atau sambal ijo yang tentunya akan membuat lidah anda bergoyang. (LP)

 

Sambara Bandung
Jl. Trunojoyo No. 64
Bandung 40115
Tlp. (022) 420 8757
Fax. (022) 420 4770

Sambara Cipete
Jl. Cipete Raya No. 14
Jakarta Selatan 124011
Telp. (021) 91261647 (021) 769 7913
Fax. (021)769 1427

Sambara Green Terace
Taman Mini Indonesia Indah Blok D No.1
Jakarta

Sambara Serang
Jl. K.H. Sulaeman No. 33A
Blok Kelapa Dua
Serang – Banten
Tlp. (0254) 8243738

Sambara Cirebon
Grage Mall 2
Grage City Pegambiran
JL. A Yani-By Pass
Cirebon
Tlp. (0231) 9184111

Sambara Pangkalan Bun
Jl. Diponegoro No. 1-3
Pangkalan Bun – Kalimantan Tengah
Tlp. (0532) 27800

Sambara Palembang
The Basilica Bizpark
JL. Brigjend Hasan Kasim Kav 8
Palembang 30114
Tlp. (0711) 8880336 (0711) 8880337 (0711) 5615677

Sambara Makassar
JL. Sam Ratulangi No. 87
Makassar

Sambara Depok
Grand Depok City Raya
021-29416151

Website: http:///sajiansambara.com
Twitter: @sajian_sambara
Facebook: Sajian Sunda Sambara
Facebook fan page: Sajian Sunda Sambara

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...