NGIDERNGILER.com –  Ternyata asal usul kata ‘restaurant’ (B.Inggris) atau ‘restoran’ (Indonesia) itu sudah ada sejak abad ke-16, dan istilah ini pertama kali ditemukan di Prancis sampai jaman Romawi Kuno (abad ke-2). Udah lama kan ternyata istilah ‘Restoran’ itu?

Restaurant / Restoran berasal dari kata dalam bahasa Prancis yaitu ‘Restaurer’ atau restore yang diartikan membangkitkan tenaga kembali. Spesifiknya untuk sajian sup yang banyak kaldunya.

Dan cerita tersebut beda banget dengan arti kata restaurant yang berkembang di akhir abad ke-18. Di jaman ini, restoran diartikan sebagai ruang kecil di sebuah pondok tempat para traveler mengisi perut. Makanan yang disajiin pun sajian sederhana dengan berbahan baku dari sekitar pondokan aja.

Terobosan konsep di tahun 1782, sebuah restoran yang ada di Rue De Richelieu, Paris, menulis daftar makanan dalam menu dan makanan kemudian disajiin dalam porsi personal kepada setiap tamu dan dilayani satu-persatu. Menu yang dikeluarin pun gak sekaligus tapi satu-persatu.
 
Perkembangan pesat terjadi justru karena Revolusi Prancis. Waktu itu berbagai guild —semacam serikat para tukang dan perajin yang mengatur perizinan kerja dan usaha— dibubarkan, memudahkan orang untuk membuka restoran.

Peluang ini ditangkap oleh para pelayan dan koki kaum bangsawan yang kehilangan majikannya yang dipancung atau melarikan diri. Untuk menghidupi diri, mereka membuka restoran sendiri. Perkembangan restoran pun didukung oleh urbanisasi dan munculnya kelas menengah yang terdiri dari para profesional dan orang bisnis.

Kini restoran berkembang menjadi dua jenis, yakni restoran kasual yang menyajikan makanan sehari-hari untuk para pekerja yang tak sempat pulang ke rumah untuk makan. Dan, fine dining yaitu restoran dengan tampilan eksklusif dan makanan yang disajikan lebih artistik menggunakan peralatan makan mewah.

Jenis restoran kasual di dunia termasuk di Prancis sendiri banyak dipengaruhi oleh gaya hidup Amerika. Contohnya, cafetaria (kantin di perkantoran atau sekolah), rest-stop restaurant (resto di pinggir jalan tol), fast food restaurant (resto cepat saji), hingga bistro (resto kecil yang punya bar dan memberi pelayanan cepat)

 

Penulis: Mia S

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...