Ayam Tangkap Blang BintangJakarta – Berawal dari kecintaan terhadap dunia kuliner, akhirnya tercetuslah ide untuk membuka sebuah restoran Aceh. Sang empunya, Hj. Cut Hasniar, yang memang berdarah Aceh asli, sedari kecil telah mempelajari resep masakan Aceh secara turun temurun. Merupakan salah satu tujuannya pula untuk dapat melestarikan warisan resep makanan Aceh melalui restoran ini. Maka tidak salah jika banyak yang berpendapat bahwa kekayaan bumbu dan rempah yang menjadi kekuatan masakan Aceh terasa sangat kental lewat deretan makanan yang tersedia. Nama Blang Bintang sendiri diambil dari salah satu daerah di Aceh Besar yang pertama kali memasukkan Ayam Tangkap kedalam menunya.

Sesuai namanya, Ayam Tangkap memang merupakan menu andalan dari restoran ini. Disajikan dengan daun kari, daun salam koja dan daun pandan yang renyah membuat menu ini semakin spesial. Ada pula Ayam Goreng Khas Aceh yang berbeda dengan bumbu ayam goreng pada umumnya. Warnanya yang keemasan dan daging ayam yang kaya bumbu semakin nikmat dengan cocolan kecap yang diracik khusus. Kehadiran Sie Reuboh  atau yang berarti daging rebus semakin melengkapi cita rasa masakan Aceh. Daging yang terasa asam pedas berkat cuka ini enak dinikmati selagi hangat bersama nasi panas. Tersedia pula Kari Ayam dan Kuah Beulangong yang biasanya secara tradisi hanya hadir disaat kenduri/syukuran.Untuk melengkapinya, ada pula Sambal Keumamah dan Sambal Ganja. Keumamah terbuat dari ikan tongkol yang telah dijemur berhari-hari. Akrab pula dengan sebutan “ikan kayu”. Begitu pula dengan Sambal Ganja yang sangat adiktif dalam membangkitkan selera makan sesaat setelah menyantapnya. Bukan berarti terbuat dari biji atau daun ganja, melainkan sambal udang belimbing yang merupakan ciri khas masakan Aceh. Uniknya, restoran ini selalu menyajikan menu special khusus di akhir pekan atau hari libur. Menu yang disajikan cukup menggoda, seperti Gulai Kepiting Khas Aceh, Gulai Lemak Udang, Sup Ikan Khas Aceh, Kuah Plik U dan masih banyak lagi.

Jangan lupa pula untuk menikmati serangkaian kopi khas Aceh. Bagi penggemar kopi hitam, layak untuk mencoba Kupi Hitam Ulee Kareng yang mempunyai aroma kopi yang sangat kuat. Ada pula Sanger, yaitu kopi susu khas Aceh yang sangat jarang ditemukan di Jakarta. Atau Ice Coffee Mint yang memberikan sensasi dingin namun tetap kental aroma kopi. Selain itu ada pula minuman khas Aceh lainnya, yaitu Es Timun, Es Cincau atau kombinasi Es Timun Cincau  yang terasa segar dan cocok untuk mengobati rasa dahaga.

Ayam Tangkap Blang Bintang
Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 30
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan

Photo: Istimewa

 

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...
Loading...