NGIDERNGILER.com – Beruntunglah Anda warga yang tinggal di Jakarta. Sebab, beragam destinasi menarik ada di sekitar ibukota negara ini yang dapat dijelajahi dengan waktu 24 jam saja. Ada Bandung, Sukabumi, dan masih banyak lagi. Ini dia referensinya!

Bagi traveler Jakarta, tak perlu jauh-jauh ke Yogya atau Bali jika waktu liburan Anda tidak panjang. Siap-siap, karena Anda bisa berlibur sehari saja dengan banyak destinasi seru di sekitar Jakarta. Berikut ragam destinasi yang dapat dijelajahi dalam waktu 24 jam dari Jakarta yang dikutip dari detikTravel.

Destinasi yang tak jauh dari Kota Jakarta adalah Depok, Jawa Barat. Apa yang bisa dilakukan di Depok? Pertama datanglah ke Masjid Kubah Emas di Jl Raya Maruyung, Limo, Kota Depok.

Dari Pondok Labu, Jakarta Selatan, paculah kendaraan Anda hingga tiba di masjid tersebut melewati Cinere. Masjid Kubah Emas merupakan satu dari 10 masjid yang mengagumkan di dunia versi Lonely Planet. Terang saja, kubah masjid ini terbuat dari emas 24 karat!

Masjid Kubah Emas halamannya luas dengan taman-taman cantik. Anda bisa memotret kemegahan masjid ini. Selain kubahnya yang terbuat dari emas, lantai masjidnya juga terbuat dari granit Italia. Alternatif kegiatan pagi selain Masjid Kubah Emas adalah berenang di Depok Fantasy Water Park di Grand Depok City atau di Pasir Putih Water Park Sawangan

Setelah itu, anjutkan perjalanan ke wilayah Margonda untuk makan siang. Tak usah bingung mau makan apa, sebab banyak deretan rumah makan beraneka macam menu di sana. Untuk menutup sore hari, Anda bisa menuju Universitas Indonesia. Di kampus ini, traveler dapat berolahraga seperti jogging, berburu foto, atau bersantai di pinggiran danau sambil menanti matahari terbenam.

Satu kota lainnya yang dekat dengan Jakarta adalah Bogor, Jawa Barat, hanya 1 jam perjalanan. Destinasi pertama adalah Kebun Raya Bogor di Jl Ir H Juanda. Dengan tiket masuk Rp 9.500 saja, Anda dapat bersantai di antara rimbunnya pepohonan di sana. Ada juga Museum Zoologi di dalamnya yang menyimpan beragam informasi tentang satwa-satwa di Indonesia. Masih belum puas? Ada juga Taman Anggrek dan Taman Bhineka yang terdapat taman berbentuk burung Garuda.

Saat hari mulai siang, kini saatnya menyeberang ke Jl Suryakencana. Inilah waktunya berburu kuliner sekaligus mengisi perut Anda. Beragam macam kuliner seperti, soto, asinan, bakso, pepes sagu, hingga bir kocok ada di sini. Harganya pun sangat terjangkau!

Terakhir, Anda bisa mengunjungi Taman Kencana untuk menghabiskan malam hari. Nikmati dinginnya suasana di Bogor sambil menghangatkan badan dengan menyantap kuliner di aneka restoran yang tersebar di kawasan ini. Sehari di Bogor, bisa makan kenyang dan foto-fotoan seru di Kebun Raya!

Satu kota lainnya yang tak jauh dari Jakarta adalah Sukabumi. Nah, kalau di sini Anda bisa jalan-jalan ke pantainya yang terkenal yaitu Pelabuhan Ratu. Jaraknya sekitar 5 jam dari Jakarta.

Anda bisa surfing mengarungi ombak, berfoto-foto atau bersantai-santai di pantainya. Baiknya Anda berangkat pagi hari, sekitar pukul 06.00 WIB agar tidak terkena macet. Pulangnya, jangan lupa untuk mampir ke Jl Bhayangkara Gang Kaswari yang terletak di pusat Kota Sukabumi. Di sana Anda dapat berbelanja mochi yang khas nan lezat untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Satu tempat lainnya untuk berwisata di pantai adalah datang ke Pantai Anyer, Serang. Jaraknya sekitar 2-3 jam saja dari Jakarta. Anda bisa menghabiskan waktu dengan berenang atau berjemur. Bebatuan karang di sekitar pantainya juga menarik untuk diabadikan dalam kamera.

Puas bermain di pantai, kini saatnya beralih ke Kota Serang. Di sini ada Masjid Agung Serang yang megah nan bersejarah. Masjid ini berlokasi di Jl Veteran 43, Serang dan sudah berdiri sejak tahun 1849. Selain beribadah, Anda pun dapat beribadah dengan khusyuk di sini. Untuk urusan oleh-oleh, jangan lupa membungkus sate bandeng yang khas dari Serang. Mudah untuk mencarinya dan untuk rasanya, coba sendiri!

Destinasi terakhir yang dekat dengan Jakarta adalah Bandung. Kota Kembang ini punya beragam destinasi yang menarik untuk didatangi. Tapi kalau hanya satu hari, ada 3 tempat yang wajib didatangi. Ketiga tempat tersebut adalah Saung Angklung Udjo, De’Ranch, dan Dago.

Saat pagi, mulailah dari De’Ranch di Jl Maribaya No 17, Lembang. Tempat wisata ini akan membuat Anda menjadi koboi. Sebabnya, Anda dapat berkuda di ladang luas saat melancong ke sini.

Tak hanya jadi koboi, ada juga beragam permainan seru. Anda bisa memacu adrenalin saat bermain flying fox, ATV, sepeda air, panahan, dan masih banyak lagi. Coba juga aneka kulinernya seperti siomay Bandung, sosis bakar, hingga susu segar. Tiket masuk De’Ranch adalah sekitar Rp 5 ribu saja dan untuk permainannya terdapat harga tiket tersendiri. Silakan cek situs resminya lebih lanjut.

Kemudian, langkahkan kaki Anda ke kawasan Dago di Jl Ir H Juanda, Bandung. Dago adalah destinasi tujuan wisata yang digemari traveler dari Jakarta. Di sini terdapat banyak factory outlet, seperti Grande Factory Outlet, Central Branded Outlet, Blossom Factory Outlet, Level Factory Outlet, Gossip Factory Outlet, dan masih banyak lagi. Aneka baju, jaket, hingga celana jeans bertebar di sini!

Saat sore hari, kini saatnya menonton pertunjukan angklung di Saung Angklung Udjo. Lokasinya berada di Jl Padasuka No 118, Bandung. Di sini terdapat pertunjukan angklung yang biasanya dipentaskan pada mulai pukul 15.30-17.30 WIB dengan harga tiket masuk Rp 50.000. Tak hanya menonton, Anda pun akan diajak bermain angklung dan mengenal warisan warisan budaya dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO ini dari dekat.

Itulah referensi destinasi yang bisa Anda nikmati selama 24 jam dari Jakarta. Happy holiday!

Sumber: DetikTravel

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...
Loading...