NGIDERNGILER.com – Pola hidup yang sehat adalah cara yang ampuh untuk mencegah penyakit maag, sebab semua cara mengatasi penyakit maag jika tidak diikuti pola hidup sehat semuanya akan percuma. Mulai dari sekarang biasakanlah melakukan pola hidup sehat pada kehidupan kita sehari-hari.

Pernah merasakan perut berbunyi seperti gendang? Kalau sedang berada di rapat yang serius, biasanya suara itu akan terdengar nyaring. Lapar? Bisa saja, tapi coba tabuh pelan. Kalau suaranya nyaring, Anda sedang terkena kembung sebagai gejala awal sakit maag.

Kembung adalah terperangkapnya gas atau udara dalam jumlah yang berlebihan didalam saluran pencernaan. Gas atau udara yang terperangkap tersebut terbentuk gelembung-gelembung kecil, jumlahnmya banyak dan sulit dikeluarkan. Gelembung-gelembung gas/udara terdapat disepanjang saluran pencernaan dan terutama banyak terdapat di lambung.

Bedanya sama sakit maag, kembung biasa sangat berbeda dengan sakit maag. Sakit maag disebabkan oleh asam lambung berlebihan yang dapat mengakibatkan iritasi atau luka dilambung, karena itu sakit maag disertai rasa perih/pedih. Sedangkan kembung biasa disebabkan oleh banyaknya Gas/udara yang terperangkap dalam saluran pencernaan di dalam perut.

Gejala perut kembung biasa mirip dengan gejala sakit maag sehingga banyak penderita yang mengira menderita sakit maag padahal sebenarnya cuma gejala kembung biasa, dan kembung biasa asam lambungnya tidak berlebihan sehingga pada perut kembung biasa tidak disertai rasa perih. Kalau Anda sudah terkena sakit maag, maka Anda harus mengetahui Cara Mengatasi Maag agar maag anda tidak menjadi lebih parah.

Kalau sudah terkena kembung atau maag, sebenarnya gampang saja cara mengatasi maag. Pesen saja jus alpukat. Karena buah berserat itu ternyata punya khasiat yang “luarbiasa” untuk maag. Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya tidak saja menjadi sumber energi yang melimpah yang dibutuhkan pada saat puasa, tetapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.

Berbagai manfaat bisa didapat dari alpukat, baik buah maupun daunnya. Para peneliti dari Shizuoka University, Jepang, misalnya, menemukan manfaat buah alpukat selain untuk cara mengatasi maag, bisa juga untuk mengurangi kerusakan hati, termasuk juga kerusakan akibat virus hepatitis.

Alpukat dapat dimakan oleh siapa saja dan berapa saja karena kadar asam lemak jenuh pada buah alpukat tergolong rendah. Alpukat tergolong buah yang memiliki kadar lemak dan kalori yang tinggi. Buah alpukat mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B kompleks, Vitamin E dan Vitamin D. Kandungan terbanyak adalah vitamin A.

Dari beberapa literature, Cara Mengatasi Maag dari biji alpukat adalah sebagai berikut.:

  1. Cuci bersih biji alpukat dengan menggunakan air matang;
  2. Parut biji alpukat;
  3. Campurkan 100 CC air matang dengan parutan biji alpukat tadi
  4. Saring;

Ada aturan pakai sari biji alpukat hasil saringan itu:

  • Sakit maag tidak parah, minum sari biji alpukat 1 kali sehari;
  • Sakit maag parah, minum sari biji alpukat 2 kali sehari, pagi dan sore, sampai sembuh

Bagi readers yang punya penyakit maag, tidak ada salahnya  mencoba tips ini bukan? (DX/RCH)

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...