Bubur Ledok Nusa Penida; captured by Metha

Bubur Ledok Nusa Penida; captured by Metha

Bali – Ledok adalah sejenis bubur tapi bahan bakunya tidak menggunakan beras. Dibuat dengan bahan utama jagung, umbi ketela pohon dengan ditambah bahan lokal lainnya seperti kacang merah, kemangi dan kacang panjang. Dan ada pula yang dicampur dengan ikan laut segar.

Makanan ini diberi nama ledok karena dalam proses pembuatannya terutama pada tahap perebusannya selalu dilakukan pengadukan (ledok= diaduk secara terus menerus).
Ledok lalu disiram dengan bumbu yang terbuat dari cabai merah besar, cabai merah kecil, garam dan terasi yang ditumbuk jadi satu lalu dicampur dengan bahan lainnya.

Dalam proses masak, semua bahan diaduk terus menerus seperti membuat bubur dan setelah berwarna kecoklatan artinya ledok sudah matang dan siap disajikan. Untuk melengkapi rasa, ledok juga bisa ditambahkan abon ikan.
Semua bahan baku dalam makanan yang disebut ledok ini merupakan hasil dari masyarakat setempat. Itu sebabnya, masakan ini tidak memakai beras sama sekali dan tentunya berbeda dengan bubur lainnya.

Ledok sudah menjadi menu makanan sehari-hari masyarakat Bali khususnya daerah Nusa Penida dan makanan ini merupakan makanan sehat dan mempunyai khasiat sebagai obat diabetes alami (/met)

Comments are closed.

Loading...