Gulai Itiak Lado MudoBukittinggi – Gulai bebek muda yang direndam dalam kuah penuh cabai hijau itu bagaiana rasanya ya? Yang pasti sensansi gurih pedasnya susah untuk dilupakan meskipun ekstrim tapi itulah menu andalan dari Ruah Makan Gulai Itiak Lado Mudi di Ngarai Sianok, Bukittinggi, Sumatera Barat. Lokasi warung tersebut juga tepat berada di bawah Ngarai Binuang yang indah

Rasa bebek muda ini pedasnya tajam tapi akan terhibur dengan rasa gurih yang dimunculkan oleh bumbu-bumbu lainnya. Meskipun pedas, sendok nasi selalu jadi incaran karena kebiasaaan makan makanan pedas yaitu susah berhenti.

Gulai itiak lado mudo adalah gulai daging bebek muda yang dibalut cacahan cabai hijau dan saking banyaknya cabai hijaunya, kita bakal melihat kalau bebek muda itu seolah berendam dalam cabai. Bahkan kita bisa bingung menentukan; apakah bebek muda pakai cabai ataukah cabai pakai bebek muda? Makanan ini adalah tradisi masakan Kuto Gadang tapi aslinya lebih pedas dan sama sekali tidak pakai santan

Satu ekor bebek dimasak dengan 0.5 kg cabai hijau kering ini hasilnya bikin bebek ini pedas dan badan kita lebih panas dan berkeringat tapi cocok dengan udara Bukittinggi yang dingin udaranya.

Pedas cabai itu hanya sebatas memanaskan bibir saja, beda dengan pedas dari merica yang bisa bikini panas kerongkongan. Untuk meredakan pedas gulai bebek itu, maka gulai bebek disajikan dengan potongan timun dan bawang merah.

Selain Gulai itiak, kita juga bisa menikmati gulai cancan daging sapi, dendeng balado, dendeng perkedel yang rasa nikmatnya tidak kalah dengan gulai itiak lado mudo. (DXN/RAC)

 

Photo: Ardo Victora

RM. Gula Itiak Lado Mudo Bukittinggi
Jl. Ngarai Binuang
Ngarai Sianok, Bukittinggi
Sumatera Barat

Folder Gallery Error: Unable to find the directory photos/rmgulaiitiak.

 

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...
Loading...