Danau Cermin Tujuan Wisata Indah tapi kurang terurus

0

Danau cempaka atau Danau Cermin (caramin, bahasa lokal) menjadi destinasi baru untuk pilihan berwisata,yang terletak di kecamatan Biduk biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Di Musim liburan tempat ini juga pun diserbu wisatawan. Tapi sayangnya, di tengah euforia masyarakat yang haus lokasi wisata baru itu keberadaan Danau Cermin masih terbengkalai.

Anang Marlie, Ketua Pokdarwis Danau Cermin, mengungkapkan sebagai pengelola pihaknya sangat berharap danau bisa dikelola pemkot agar akses jalan dan fasilitas penunjang lainnya di danau bisa dipenuhi sehingga dapat dimanfaatkan maksimal.

Menurutnya saat ini anggota Pokdawis Danau Caramin 80 orang sangat memerlukan pembinaan pemko dalam pengelolaan agar semuanya aman, nyaman dan tertata baik saat dikunjungi.

Marlie menambahkan, Danau Cermin ini luasnya 20 hektare lebih dengan kedalaman 20 meter hingga 25 meter ke dasar danau.

Kalau berkeliling dengan menumpang kelotok, danau yang panjangnya sekitar 1 kilometer lebih itu memakan waktu sekitar 15 menitan.
Lokasi parkir pun belum memadai karena kalau hujan tanahnya menjadi becek yang memerlukan urukan sirtu dan pasir.

“Tapi apalah daya kami warga disini yang tak punya modal dan ilmu mengelola wisata melengkapinya selain dukungan pemko,” harapnya.
Danau Cempaka yang disebut-sebut sebagai danau cermin, lokasinya tak jauh dari Danau Seran.
Bila ke Danau Seran masuk Perumahan Fitria Residence, Jalan Guntung Manggis, Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, nah untuk ke Danau seran cukup melewati lokasi itu.
Tenang, tidak akan tersesat. Bila sudah disekitar lokasi itu cukup bertanya ke warga setempat, bila kebingungan.
Seperti Danau seran, danau cempaka juga disebut-sebut masuk wilayah penambangan intan milik PT Galuh Cempaka yang sudah lama tak beroperasi lagi.

Pendapat kamu?

Loading Facebook Comments ...