7000 tenant akan meramaikan Festival Jajanan Asli Indonesia di Makassar dan Jakarta

0
Ilustrasi kuliner (foto: heftyfoodie)

Jakarta – Seiring meningkatnya minat akan traveling di masyarakat luas sekarang ini, salah satu bidang yang tidak bisa dilepaskan dengan traveling ialah industri kuliner.

Traveling dengan kuliner memang sangat erat kaitannya dan tidak bisa terpisahkan. Bisa dibilang salah satu esensi dari traveling, apalagi kalau bukan berwisata kuliner di dalamnya.

Maka dari itu, tepat rasanya jika menunjuk kuliner sebagai salah satu potensi wisata dan daya tarik wisata dari sebuah negara, termasuk Indonesia. Apalagi Indonesia yang begitu luas dari segi wilayah geografi serta kebudayaan yang sangat beragam, hadir dengan kuliner khasnya yang sangat banyak nan beragam.

Maka tak heran, dengan ini Indonesia seperti diinformasikan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya adalah merupakan potensi besar untuk dijadikan destinasi wisata kuliner unggul di tingkat dunia.

“Kuliner, khususnya kuliner tradisional masuk dalam kelompok besar wisata budaya (culture) dengan porsi 60 persen karena daya tariknya sangat tinggi. Untuk mengembangkan wisata ini, Kemenpar telah membentuk Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja dalam rangka mendukung pencapaian target kunjungan 17 juta wisman dan 270 juta pergerakan wisnus pada tahun ini dan akan meningkat menjadi 20 juta wisman dan 275 juta wisnus tahun 2019 mendatang,” ujar Arief Yahya.

Salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Pariwisata untuk menggiatkan kuliner khas Indonesia agar semakin unggul dan dikenal, contohnya melalui dukungan terhadap acara festival jajanan khas Nusantara “Festival Jajanan Bango (FJB) 2018” yang diketahui akan digelar di Jakarta pada 14-15 April 2018 dan Makassar pada 5-6 Mei 2018, mengingat disebutkan bahwa saat ini kuliner mempunyai porsi terbesar dalam fortopolio bisnis pariwisata Indonesia, budaya (culture) 60 persen, alam (nature) 35 persen, dan buatan manusia (man made) 5 persen.

Sementara itu, dalam acara festival jajanan yang digelar di dua kota berbeda, yakni Jakarta dan Makassar tersebut nanti diketahui akan dihadirkan kurang lebih 50 jenis makanan asli Indonesia untuk gelaran Festival Jajanan Bango di Jakarta, sedangkan lebih dari 40 jenis makanan asli Indonesia untuk gelaran Festival Jajanan Bango di Makassar.

Selain itu, dikatakan oleh Hernie Raharja selaku Foods Director PT Unilever Indonesia Tbk, Hernie Raharja di acara festival yang diadakan rutin tahunan ini nantinya juga ada lima wirausaha kuliner terpilih. (dno)

Apa Komentar Kamu?