Sop Konro

Sop Konro

NGIDERNGILERcom – Kota Makassar mempunyai makanan andalan diantaranya yaitu Konro. Konro isinya bukan daging sapi tetapi tulang iga. Disajikan dengan cara dibakar ataupun direbus, tulang iga ini sedap untuk dinikmati.

Dalam tulang iga yang masih terdapat segelintir daging di dalamnya, hidangan ini dibuat oleh keluarga besar H. Hanaping jadi salah satu menu khas Kota Angin Mamiri hingga terkenal hingga pelosok dunia. Citarasa yang menggoda, jenisnya yang pun sangat menggoda untuk Readers dicicipi. Ada tulang iga yang dibakar bersama siraman  bumbu kacang, ada juga yang direbus dengan kuah seperti sop konro. Sangat kental sekali rasa dan aroma rempah khas Indonesia pada hidangan ini.

Konro Karebosi adalah usaha yang dirintis H.Hanaping sejak tahun 1968 bersama 9 anaknya yang berkembang dan bertahan hingga saat ini. RM. Sop Konro Karebosi sudah mempunyai cabang di beberapa daerah di kota Jakarta dan sekitarnya.

Jurus jitu untuk menggaet konsumen untuk mencicipi konro itu adalah citarasanya yang selalu dijaga dan daging yang menempek di tulang iganya pun sangat empuk. Resep yang diwariskan keluarganya untuk menghasilkan rasa konro berbeda dengan konro di tempat lain.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat konro tidak sulit didapat. Iga sapi yang telah dipotong-potong tipis bersama tulangnya, lengkuas, daun salam, bawang merah, bawang putih, kacang tanah, dan rempah pendukung lain. Di RM Sop Konro Karebosi, tulang iga lazim dimasak terpisah dengan bahan-bahan lain demi menghasilkan rasa iga yang lezat.

Sementara, pada menu sup konro, sesuai namanya, tulang iga disajikan bersama kuah, lengkap dengan bumbu dedaunan sebagai pelengkap rasa. Tidak ketinggalan sambal khas oranye kemerahan turut disediakan untuk memperkaya cita rasa sup konro. (/dra)

 

Sop Konro Karebosi
Jl. K.H. Abdullah Syafe’i No. 17A
Tebet – Jakarta

Sop Konro Karebosi
Jl. Boulevard Raya TA 2 No.38
Kelapa Gading – Jakarta

Sop Konro Karebosi
Summarecon Mall Bekasi,
Jalan Bulevard Jalan Ahmad Yani
Bekasi – Jawa Barat

Comments are closed.

Loading...