Jelajah Energi Cirebon tidak kalah seru dengan Jelajah Kulinernya

    1

     

    PT. Pertamina EP adalah perusahaan yang melakukan kegiatan usaha di sektor hulu bidang minya dan gas bumi, dari kepanjangannya EP itu sendiri artinya adalah eksplorasi dan produksi. Dan selain itu Pertamina EP juga melakukan kegiatan usaha penunjang lain yang secara langsung ataupun tidak langsung mendukung kegiatan utama.

    Menurut informasi yang disampaikan Adiatma Sardjito (VP Coorporate Communication) bahwa produksi Pertamina EP adalah sekitar 100.000 BOPD (barrel oil per day) untuk minyak dan sekitar 1.016 MMSCFD (million standard cubic feet per day) untuk gas. Jumlah yang cukup banyak banget bukan? Apakah readers bisa bayangkan kalau semua supply itu tidak bisa dikirim ke kota besar kaya Jakarta, Surabaya, dll? Dijamin semua orang pasti naik sepeda.

    Meskipun tugas dari Pertamina EP adalah eksplorasi dan produksi sumber minyak di dalam bumi, gak akan bisa ketarik semua minyak yang ada di dalam bumi tersebut. Hanya 20% jika menggunakan rig, dan dengan ditambah teknologi lagi maka baru naik sekitar 20% saja. Butuh teknologi yang cukup tinggi dan mahal untuk mengeksplorasi produksi minyak di dalam bumi sampai bahan jadi.

    Wilayah Kerja Pertamina EP terbagi ke dalam lima asset. Operasi kelima asset terbagi ke dalam 21 Field, yaitu

    • Asset 1 : Rantau Field, Pangkalan Susu Field, Lirik Field, Jambi Field, dan Ramba Field
    • Asset 2 : Prabumulih Field, Pendopo Field, Limau Field dan Adera Field
    • Asset 3 : Subang Field, Jatibarang Field dan Tambun Field
    • Asset 4 : Cepu Field, Poleng Field dan Matindok Field
    • Asset 5 : Sangatta Field, Bunyu Field, Tanjung Field, Sangasanga Field, Tarakan Field dan Papua Field

    Dari sekian banyak Asset, kami diberi kesempatan oleh Pertamina untuk meninjau langsung (field visit) ke lokasi Asset yang terletak di daerah Jatibarang, Indramayu yang dikenal sebagai Pertamina EP Asset 3.

    Lokasi pengeboran (eksplorasi dan produksi) adalah area yang sangatlah krusial dan banyak peraturan dan SOP yang harus ditaati demi keselamatan. Mulai dari safety helmet, safety wearpack hingga safety shoes semua harus dipake terlebih dahulu sebelum masuk ke area pengeboran (drilling) yang sedang dilakukan di Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Indramayu ini. Meskipun sebagai tamu, tidak ada alasan untuk tidak mematuhi peraturan dan SOP yang telah ditetapkan. Sebelum masuk site semua tamu diberi pengarahan, didalam site juga diberikan pengarahan dan langkah antisipatif apa yang harus dilakukan jika terjadi hal-hal darurat.

    Informasi yang kami dapatkan bahwa saat yang bersamaan dengan site visit kami ke Pertamina EP Asset 3, posisi kedalaman rig saat itu adalah 1226 meter dari target 1280 meter. Demi mencapai kedalaman 1280 tersebut para pekerja handal ini membutuhkan sekitar 3 minggu lagi untuk menetap di area tersebut dan setelahnya mereka akan pindah ke area lain yang akan di eksplor dan di eksploitasi. Hasil minyak bumi yang dihasilkan di Pertamina EP Asset 3 hingga akhir Juli 2016 ini sudah menyentuh di angka 10000 an barrel per hari atau istilah kerennya adalah 10000 BOPD yaitu sekitar hampir 38000 liter lebih.

    Di #JelajahEnergiCirebon ini sebagai orang awam bisa mengetahui apa yang dilakukan Pertamina selain berbisnisnya, tapi kita dapat mengetahui dan diberi informasi mengenai eksplorasi dan eksploitasi. Karena selama ini sebagai orang awam hanya mengetahui bahwa SPBU hanya diisi dari truk truk tangki yang berisi bahan bakar seperti Petralite, Pertamax hingga Pertamax Turbo untuk kendaraan berbahan bakar bensin dan Pertamax DEXlite, Biosolar, Pertamina DEX untuk kendaraan berbahan bakar solar. Tapi kita gak pernah tau mereka dikirim dari mana dan diolah dimana. Nah dengan #JelajahEnergiCirebon lah kita sekarang bisa tahu bagaimana cara mendapatkan minyak bumi yang berasal dari Pertamina EP Asset 3 Jatibarang, Indramayu.

    Berada di kota Indramayu pasti jaraknya tidaklah jauh ke kota Cirebon yang terkenal dengan makan khas tradisionalnya dan makanan kekininannya. Apa aja itu? Simak terus kelanjutannya dari #JelajahEnergiCirebon hingga #JelajahKulinerKekininanCirebon

    Apakah kita akan bertemu dengan Jelajah Energi lainnya di Indonesia bagian lain? Kita tunggu saja kelanjutannya. (dx/rac)