Ke Labuan Bajo Menginap di Kapal

0
Foto Aerial, Padar Island (Shutterstock/File)

Bepergian ke Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur biasanya berarti pulau yang hinggap untuk mengunjungi berbagai pulau yang membentuk Taman Nasional Komodo.

Dengan pengaturan seperti itu, akomodasi di wilayah ini umumnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu tinggal di hotel biasa atau tinggal di atas kapal selama perjalanan.

“Tinggal di kapal (perahu) populer dilakukan oleh wisatawan dari Jakarta. Jadi, mereka akan, misalnya, datang pada hari Jumat dan akan langsung ke kapal dan bukan hotel. Kemudian pada hari Minggu, mereka akan langsung kembali ke bandara, “kata Julianus Ebol, koordinator aktivitas tamu di Plataran Komodo Resort and Spa.

Ini lebih efisien waktu, kata Julianus, menambahkan bahwa ada berbagai kapal untuk dipilih, mulai dari kabin satu, dua kabin dan bahkan phinisi mewah (kapal layar tradisional Indonesia) yang sejajar dengan Hotel bintang lima.

Kapal berfungsi sebagai akomodasi serta transportasi untuk pulau yang melompat ke Taman Nasional Komodo, yang terdiri dari beberapa pulau seperti Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar. Wisatawan juga dapat bersantap di kapal.

Tergantung pada jenis perahu, harganya juga sangat bervariasi. Paket mulai dari Rp 2,5 juta (US $ 182) per orang untuk perjalanan tiga hari dua malam dengan perahu standar. Sementara itu, kapal kelas atas, seperti Plataran Komodo Resort dan phinisi Spa, dapat disewa seharga Rp25 juta hingga Rp60 juta per malam, yang dapat menampung enam hingga 12 orang.

Salah satu tantangan hidup di kapal, bagaimanapun, adalah bahwa hal itu dapat tidak cocok untuk orang yang mabuk laut dan merasa sulit untuk bepergian dan tidur di kapal. Dalam hal ini, pengunjung dapat menginap di hotel di darat dan menyewa perahu untuk perjalanan singkat di siang hari.

Akomodasi di Labuan Bajo, kota terbesar di dekat Taman Nasional Komodo, dimulai dari Rp 100.000 per malam di homestay.

Sementara itu, ada beberapa pilihan untuk island hopping, di mana wisatawan dapat menemukan agen untuk mengatur perjalanan perahu atau menyewa perahu secara pribadi untuk perjalanan pulang sekitar Rp 2 juta untuk delapan orang, atau wisatawan individu juga dapat menuju ke dermaga dan tawar-menawar dengan pemilik perahu deh. (/kompas)

Apa Komentar Kamu?