Kue putu (dari bahasa Jawa, puthu/pu?u/]) adalah makanan Indonesia yang biasa dikategorikan jajanan pasar. Kue putu berbahan dasar gula jawa dan parutan kelapa, tepung beras butiran kasar. Proses pembuatan kue putu ini khas banget yaitu dengan proses kukus yang disimpen dalam tabung bambu yang sebelum disimpen biasanya sedikit dipadatkan. Awalnya, penjual kue putu cuma ditemui setelah matahari terbenam sampai larut malam.

Suara khas uap yang keluar dari alat suitan bikin pedagang putu gampang dikenali dan mereka ga usah capek-capek untuk menjajakan dagangannya. Selain itu juga alat suitan itu menjadi alat promosi bagi pedagang yang berjualan kue putu.

Kebanyakan warna dari kue putu ini adalah putih dan hijau.

Beberapa pedagang putu masa sekarang terkadang mengganti bambu kukusan dengan pipa PVC dengan alasan kepraktisan tapi sebenernya PVC itu lebih membahayakan bagi kesehatan.

Kue putu sekarang sudah merambah ke negara lain seperti Singapure, Malaysia. Di negara sana kue putu mengalami perubahan bentuk tapi rasanya sama seperti putu tradisional di Indonesia

Kapan terakhir makan kue putu?

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...