kecapmanisNGIDERNGILER.com
– Setiap negaradan daerah pasti puya ciri khas bumbu dapur di setiap kuliner khasnya. Begitupula Indonesia, kaya akan rempah dan bumbu khas, dan kedelai adalah salah satunya.

Kedelai memang sudah umum, tapi kalau dicampur dengan gula aren dan gula merah apa jadinya? Maka jadilah kecap manis yang senantiasa melengkapi citarasa otentik
masakan Indonesia.

Sejarah kecap itu berelovusi dari kôechiap China yang hanya minyak ikan. Cuma, bumbu ini masuk ke Indonesia, berbaur dengan bumbu-bumbu Indonesia yang manis, jadilah kecap manis. Di tempat lain tidak ada (kecap manis) karena gulanya pakai gula kelapa yang hanya ada di Indonesia.
Si hitam manis ini juga sangat berperan besar dalam citarasa kuliner Indonesia. Tak sedikit masakan Indonesia menggunakan kecap sebagai bumbu pelengkapnya.

Makanan Indonesia sangat tidak masuk akal jika dipisah dengan kecap. Kecap manis sudah menjadi bagian integral dari masyarakat Indonesia. Kecap manis menjadi ciri khas masakan Indonesia karena bumbu ini hanya ada di Indonesia. Rasanya, makanan tertentu akan hambar jika tidak dibubuhi kecap.

Peran kecap dalam dunia kuliner itu benar-benar membulatkan rasa, jadi lebih sempurna. Kalau kita punya bumbu dasar merah, putih, kuning, kecap ini adalah bagian dari kesemuanya itu. (DK/RC)

 

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...
Loading...