Sumatera Barat – Seharusnya layak masuk dalam saku daftar tempat yang harus Anda kunjungi. Di negeri yang banyak menelurkan pahlawan intelektual ini, berjejer panoraman alam yang Indah. Lekuk liku kontur bumi yang menakjubkan dan juga danau nan permai.

Di Sumatera Barat ada tiga danau utama, yakni Danau Singkarak dan Danau Maninjau dan Danau Diatas/Dibawah. Danau Singkarak terletak 75 km dari kota Padang. Danau ini menawarkan keindahan alam sembari menikmati makanan di rumah makan yang banyak berjejer di pinggiran Danau. Ke utara, 140 km dari Kota Padang, ada Daanau Maninjau yang sekaligus menjadi sumber tenaga PLTA Maninjau.

Lelah mengarungi danau, saatnya beristirahat di kota sejuk Bukittinggi. Sudah tersedia akomodasi hotel berbintang disini. Anda bisa menikmati hari bercengkerama di bawah Jam Gadang yang terkenal. Tak jauh dari bukit tinggi juga ada benteng pertahanan balatentara Jepang yang sering disebut penduduk setempat sebagai Lubang Jepang.
 
Menelisik sejarah Minang, bisa mampir ke Kota Padang Panjang. Tak jauh dari kota itu, sekitar 30 km arah timur kota ada Istana Pagaruyung. Banyak jejak masa silam warga Minang terekam disini. Tak lupa, selama di Sumbar, jangan lewatkan bentangan pemandangan dahsyat Ngarai Sianok.

Opsi lain yang tak kalah menarik saat berada di Padang adalah menyebrang ke Pulai Mentawai. Kepuluan Mentawai bisa ditempuh dengan kapal dari Pelabuhan Bungus atau Pelabuhan Muaro, Padang selama empat jam dengan kapal cepat atau 10 jam dengan kapal biasa. Pulau ini biasanya menjadi incaran penyuka surfing karena ombaknya yang besar.

Kembali ke Padang, Anda yang penasaran dengan legenda si Malin Kundang, silakan menyempatkan diri ke Pantai Air Manis. Disini ada sebuah batu, yang diasosiasikan sebagai si terkutuk anak durhaka Malin Kundang. Menarik bukan?

[widgetkit id=63]

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...