Tahu Telor

Semarang – Selain penghasil jenang, Kudus sejak lama terkenal sebagai penghasil tahu, tahu Kudus memiliki ciri khas tidak masam hal itu berbeda dengan tahu-tahu lainnya. Tahu Kudus juga memiliki tekstur lembut serta saat dimakan lezatannya tiada tara.

Tahu Kudus akan menjadi sangat nikmat saat dibuat menjadi masakan Tahu Telur Kudus, dipadu dengan telur goreng, gimbal udang, kol serta kecap cair yang juga berasal dari Kudus. Masakan ini akan makin nikmat saat dimakan di saat panas.

Banyak penjual Tahu Telur Gimbal Kudus bisa kita temui tiap malam di sepanjang jalan protokol “Kota Kretek” tersebut, hampir semuanya menyajikan makanan khas itu dengan citarasa hampir seragam.

Seringkali sensasi menyantap kenikmatan Tahu Telur Gimbal Kudus membuat kita kangen dengan makanan itu, kalau kita pas di Kudus tidak mungkin kesulitan mencari penjual makanan itu tapi kalau kita ada di Semarang? Untuk mencari warung Tahu Telur Gimbal Kudus yang menyajikan khas asli Kudus kita bakalan kesulitan menemukannya.

Penjual Tahu Telur Gimbal Kudus di Semarang, tidak sebanyak Soto Kudus yang hampir di tiap sudut kota Semarang bisa dengan mudah kita temui. Setidaknya saat ini baru tercatat dua warung menjajakan makanan itu di Semarang satu yang patut dicoba di Pondok Makan “Sedap” yang berada di Pujasera Gapura di Jalan Gajahmada 78-80, Semarang.

Di restoran milik Iin Natalia, itu kita bisa memesan sejumlah menu yang semuanya makanan khas Kudus seperti Tahu Telur Kudus, Nasi Langgi, Nasi Ijo, Asem-asem Kudus serta banyak lagi, namun paling spesial di warung ini Tahu Telur Gimbal Kudus dan Nasi Ijo, sayangnya tidak setiap hari Nasi Ijo disajikan.

Di warung ini tahu langsung didatangkan dari Kudus, hal itu menurut Iin sengaja untuk menjaga citarasa Tahu Telur Kudus. Sebab menurutnya bila tahu ini diganti dengan tahu lainnya yang dibuat bukan dari Kudus citarasa akan berubah dan tidak nikmat lagi. Setidaknya setiap minggu dia mendatangkan Tahu Kudus sebanyak 2 tong.

Selain tahu, kecap cair sebagai bahan pencampur masakan ini juga langsung didatangkan dari kota jenang tersebut. “Kecap cair ini berasal dari resep keluarga yang sudah diturunkan secara turun temurun, sehingga Tahu Telur Gimbal Kudus ini memiliki rasa yang sangat khas dan tidak mungkin bisa dirasakan di warung sejenis lainnya,”

Tahu Telur Kudus
Pujasera Gapura
Jl.Gajahmada 78-80
Semarang

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...