Kereta Api Rute Gambir-Bandung Dilengkapi Kelas Priority

0

JAKARTA – Sekarang penumpang kereta api dengan rute Gambir-Bandung dan sebaliknya bisa menikmati kelas prioritas dengan fasilitas yang lebih mewah. Hal tersebut juga diungkapkan oleh Senior Manajer Humas Daop I Jakarta PT KAI Edy Kuswoyo, bahwa kelas priority sudah bisa dinikmati mulai Jumat (9/3/2018).

“Kelas priority ini biasanya digunakan untuk kereta wisata amilik PT Kereta Api (KA) Wisata yang merupakan anak perusahaan PT KAI. Mulai 9 Maret 2018, para penumpang dengan rute Gambir-Bandung dan sebaliknya bisa naik kereta api dengan kelas tersebut,” ujar Edy saat dihubungi, Rabu (7/3/2018).

Ia menjelaskan, mulanya kelas prioritas ini hanya digunakan untuk penumpang yang akan bepergian bersama rombongan. Namun saat ini kelas prioritas bisa dinikmati oleh para penumpang perorangan.

“Biasanya kan kereta dengan kelas priority sering digunakan presiden atau rombongan. Akan tetapi untuk meningkatkan pelayanan ke penumpang, kita membuka untuk penumpang tanpa rombongan (perorangan) dengan layanan spesial,” kata Edy.

Adapun kelas priority akan ada pada rangkaian KA reguler yakni Argo Parahyangan rute Gambir-Bandung dan sebaliknya. Hanya ada satu gerbong kelas prioritas dengan kapasitas 28 kursi. Setiap penumpang yang ingin menggunakan kelas ini harus membayar tiket seharga Rp 200.000.

Kelas prioritas dalam rangkaian KA Argo Parahyangan ini hanya ada di jam keberangkatan tertentu, yakni dari Gambir pada pukul 08.45 WIB dan 18.45 WIB. Kemudian keberangkatan dari Bandung pada pukul 05.00 WIB dan 14.45 WIB.

Layanan ini bisa dinikmati para penumpang setiap hari, mulai 9 Maret hingga 31 Maret 2018. Meski demikian, saat ini para penumpang sudah bisa melakukan pemesanan tiket melalui KAI Access atau website kai.id.

Dalam kelas priority, para penumpang bisa menikmati ragam fasilitas di dalam gerbong seperti Video On Demand (VOD), Wifi on train, coffee break dan snack, bagasi, hingga toilet di dalam gerbong.

Edy mengatakan, bila permintaan penumpang terhadap kelas prioritas ini terus meningkat, kemungkinan besar akan terus diberlakukan.

“Kalau pasarnya bagus dan banyak peminatnya, mungkin akan dilanjutkan pada bulan April, bahkan bisa seterusnya (adanya kelas priority di KA reguler),” tambah Edy.

Adapun kelas priority ini telah diluncurkan sejak bulan Agustus 2017. Kelas priority sendiri telah diterapkan dalam kereta keberangkatan rute Jawa Tengah. Seperti halnya pada rangkaian KA Taksaka rute Jakarta-Yogyakarta, dan rute Jakarta-Solo pada rangkaian KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga.

Namun, untuk kelas priority diketiga rangkaian kereta tersebut hanya beroperasi di akhir pekan. Sementara kelas priority rute Gambir-Bandung bisa dinikmati setiap hari.

Kereta tujuan Yogyakarta berangkat setiap Jumat malam, pukul 20.45 WIB dari Jakarta (Gambir), dan pulang hari Minggu pukul 20.00 WIB. Untuk tujuan Solo berangkat juga tiap Jumat pukul 20.15 WIB dari Jakarta (Gambir), dan pulang hari Minggu pukul 20.00 WIB. (dic/kom)

Isi Artikel merupakan tanggung jawab Penulis dan apabila ada sanggahan (penambahan ataupun pengurangan) dari Pihak ke-3, silahkan bisa menghubungi info[at]ngiderngiler.com
Kontak ngiderngiler.com
Redaksi: klik disini
Media Partner: klik disini
Press Release: klik disini

Klik disini untuk menonton “NGIDERNGILER THE SERIES” terbaru.

Apa Komentar Kamu?