Pekalongan – Apa sih yang kebayang sama Soto Tauto? Ya betul, kuah tak terlalu kental ditambah dengan tauco sangat menggoda. Rasa tauco yang sangat dalam ditambah bihun, ditaburi daun bawang dan beberapa potongan daging kerbau yang bertaburan (ga pelit sama sekali).

Makan di Soto Tauto Pak H.Rachmani ini banyak variasi dan ragamnya, mulai dari daging kambing sampe jeroan kaya jantung, hati dan babat.

Komandimen di meja pun tersusun rapi dengan jenis kerupuk seperti kerupuk gendar, kerupuk udang juga tahu dan tempe goreng tepung.

Selain untuk memperkuat rasa, beberapa potong jeruk nipis juga udah disiapin di meja untuk mengurangi rasa ga enak di mulut krn makan daging.

Ga pernah ada alasan khusus kenapa si daging kerbau sering dipake dalam sajian tradisional asal kota Pekalongan ini, tapi yang pasti tekstur daging kerbau lebih khas.

Resep Tauco setiap pedagang soto berbeda-beda tergantung ‘warisan’ resep keluarga turun temurun yang bahan-bahannya dijaga kerahasiannya karena kunci dari Soto Tauto ini ada di pembuatan tauco.

Dari beberapa pedagang Soto Tauto yang ada di Pekalongan , Soto Tauto H.Rachmani ini dianggap yang terbaik. Jadi wajib hukumnya kalo ke Pekalongan makan sajian khas makanan ini.

 

Soto Tauto H.Rachmani
Pasar Sayunan
(500m dr stasiun kereta Pekalongan)
 

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...