Kiluan BayLampung – Pantai di Teluk Kiluan memang mempesona, pantai yang berpasir putih dengan latar belakang langit biru jernih merupakan destinasi yang mewakili keindahan alam lengkap dari Teluk Kiluan. Teluk Kiluan ini terletak di Desa Kiluan Kabupaten Tanggamus di Propinsi Lampung , Sumatera Selatan. 10 tahun lalu akses menuju lokasi ini sangat susah dan benar benar rusak, walaupun sekarang juga masih rusak tetapi akses menuju lokasi ini sudah bisa dilalui kendaraan bermotor dan jangan sekali sekali menggunakan sedan kesini.

terbaik untuk mengunjungi Teluk Kiluan selama musim kemarau, karena kalau kondisi jalan buruk saat hujan deras dapat menghambat perjalanan Anda. medan yang rusak dan tanah membuat jalanan menjadi licin, sehingga bisa membahayakan wisatawan yang ingin kesana. umumnya musim kemarau di Teluk Kiluan ini biasanya dari bulan April sampai September, dan seiring cuaca yang sering berubah. jalanan jelek ke Teluk Kiluan ternyata membawa sensasi tersendiri oleh pencinta touring motor, apalagi komunitas Motor Trail mungkin menyenangkan untuk touring ke Teluk Kiluan ini.

 Sesampai di Teluk Kiluan kita bisa menyisir tepi pantai, sepanjang pesisir teluk ini kita bisa melihat aktivitas masyarakat setempat. perahu perahu yang diparkir di tepi teluk menambah keindahan Teluk ini terasa menyenangkan, menunggu sunset di Teluk Kiluan ini adalah yang saya rekomendasikan, karena kita bisa melihat jelas Sunset dengan latar belakang Pulau Kiluan dengan jelas disini. buat yang pertama kali kesini, saya sarankan untuk menginap di homestay atau penginapan disekitar Teluk Kiluan saja. sebenarnya kita bisa menginap di Pulau Kiluan, tetapi saya tidak merekomendasikan, karena di pulau ini infrastrukturnya sangat terbatas, akses air bersihnya pun juga kurang. memang akomodasi di Teluk Kiluan ini masih terbatas, karena saya kesini tahun 2013 akhir saja listrik juga baru masuk daerah ini dan penginapan yang ada AC juga belum ada.
perjalanan yang panjang dan melelahkan memang terbayar sudah ketika kita sampai Teluk Kiluan ini, yang berjarak 3 – 4 jam dari Kota Bandar Lampung ini hilang sudah capek ketika kita sampai dan menikmati keindahan Teluk Kiluan. sebenarnya ada apa saja sih objek wisata yang ada di Teluk Kiluan ini, saya akan bahas beberapa objek wisata di Teluk Kiluan yang wajib anda kunjungi.
1. Batu Karang di Pantai Pegadung
 mungkin belum banyak yang tau Pantai Karang Pegadung yang berada disekitar Teluk Kiluan ini. Bahkan orang Lampung sendiri belum banyak yang tahu. untuk menuju kesini bisa melalui dua akses. yang pertama akses dari laut, nah dari laut ini kita bisa menikmati pantai ini dengan karang karang besar dari sisi laut tapi sayangnya kita tidak bisa menepi karena sepanjang pantai ini penuh dengan karang. dan akses yang kedua adalah jalan darat memakai motor dari Teluk Kiluan, lama perjalanan darat ini bisa 2 jam sekali pergi dan saya sama sekali tidak menyarankan melalui jalan darat kalau cuaca lagi hujan atau habis hujan.
Pantai Karang Pegadung dikenal juga dengan nama Batu Layar atau Gigi Hiu. Dinamakan seperti Gigi Hiu karena batu-batu disana bentuknya menyerupai gigi hiu. yah engga salah sih kalau pantai ini saya bilang sebagai salah satu best spot di Teluk Kiluan.
2. Batu Candi Kiluan
nah tau kan kenapa dinamakan Batu Candi, karena karang yang terletak disalah satu pantai di Teluk Kiluan ini kalau diperhatikan dengan seksama mirip dengan Candi. pahatan alam yang begitu sempurna seakan akan Karang dan batu ini terlihat seperti candi. akses untuk menuju kesini sepertinya harus melalui laut, karena akses jalan darat sepertinya belum ada. dan lokasi Batu Candi ini dekat kok dari Pulau Kiluan.
3. Pulau Kiluan
yah destinasi utama di Teluk Kiluan ini ya Pulau Kiluan ini sendiri, tetapi kenapa ya saya kok kurang sreg dengan Pulau Kiluan ini. karena Pulau ini cukup kotor, akomodasi sangat kurang, saya kesana saja banyak pengunjung yang terlantar karena tidak dikelola dengan baiknya oleh pengelola pulau. tapi untuk snorklingan bisa kok disini, dan main main air juga bisa. tapi karena ini adalah destinasi utama ya saya tulis jg disini hehe.
4. Teluk Kiluan
Teluk Kiluan disinilah selain tempat untuk menginap tetapi kita bisa menikmati keindahan disekitar teluk, objek yang bisa kita nikmati disini adalah pembuatan kapal kayu masyarakat Teluk Kiluan, menikmati terbitnya sunrise dan menunggu sunset. kalau ada waktu kita bisa menyisir teluk dan berinteraksi dengan lingkungan.
5. dan yang terakhir dan paling heboh adalah menonton lumba-lumba yang hidup bebas di alam liar ini tentu saja menjadi daya tarik utama dari Teluk Kiluan . karena di Teluk Kiluan ini adalah tempat bermigrasi para Lumba Lumba liar ini, untuk bisa menonton Lumba Lumba liar ini kita bisa menyewa Perahu kecil seharga 250.000 – 300.000 rupiah, dengan perahu ini kita berangkat diwaktu subuh dan menuju ketengah laut sehingga anda bisa mendapatkan melihat lebih dekat puluhan atau kadang-kadang bahkan ratusan lumba-lumba melompat di perairan laut lepas ini. Lumba-lumba adalah spesies yang sangat cerdas mereka juga sangat ramah. ketika Melihat perahu yang sedang lewat, terkadang mereka suka berenang dan melompat-lompat dekat di perairan sekitarnya dan kadang didekat kita. (BR/KUS)

Photo: Barry Kusuma
Penulis: Barry Kusuma

Folder Gallery Error: Unable to find the directory photos/telukkiluan.

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...
Loading...