Kuliner Indonesia digemari pengunjung dalam festival kuliner bertajuk Eat and Style yang diikuti sekitar 260 stand peserta dari berbagai negara di kota Koln, Jerman, pada 16-18 November 2012.

“Stand Indonesia yang menampilkan Chef Sandra Djohan tampak dikerubuti pengunjung yang antre untuk mencicipi kelezatan berbagai kuliner khas Indonesia,” kata Counsellor Pensosbud KBRI Berlin, Ayodhia GL Kalake, Minggu (18/11).

Festival Eat and Style yang menampilkan bermacam produk makanan, minuman dan industri pendukungnya itu, diadakan di tiga kota besar di Jerman yaitu Munchen (2-4 November), Koln (16-18 November) dan Stuttgart (23-25 November).

“Event ini merupakan ajang pertemuan produsen dan penggemar kuliner dari berbagai penjuru dunia dan mengombinasikan antara wisata kuliner, shopping dan interaksi,” katanya.

Sementara itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Dr Sapta Nirwandar menyatakan, keikutsertaan Indonesia dalam event tersebut merupakan salah satu upaya untuk lebih mendekatkan masyarakat dunia dengan kuliner Indonesia.  

“Wisata kuliner mempunyai komunitas tersendiri di kalangan wisatawan mancanegara dan tak sedikit wisatawan asing yang datang ke suatu negara untuk tujuan mencicipi kuliner khas negara tersebut,” katanya.
Sebelumnya, untuk mendukung citra kuliner Indonesia di Jerman, KBRI Berlin mengadakan Indonesian Culinary Festival di Grand Westin Hotel-Berlin, Jerman pada beberapa waktu lalu.

“Festival itu dapat menjadi upaya tersendiri dalam memperkuat ikatan persahabatan antara masyarakat Jerman dan Masyarakat Indonesia,” ungkap Dubes RI untuk Republik Federal Jerman, Dr Eddy Pratomo.

Wakil Menteri Parekraf, mengharapkan keikutsertaan Indonesia dalam berbagai kegiatan internasional dapat mendorong meningkatnya minat wisman untuk berkunjung ke Indonesia.

“Kita tidak hanya menawarkan wisata perjalanan, tetapi juga wisata kuliner tambahan,” katanya.
Apalagi, masakan Indonesia, Rendang, terpilih sebagai makanan terlezat versi survei CNN Go 2011, selain Nasi Goreng dan Sate. (beritasatu.com)

 

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...