Pernah dengar gak tips yang bilang kalau maaskan malam di atas jam 19.00 bisa bikin gendut/gemuk? Terus ada juga yang bilang kalo makan malem ga akan jadi apa-apa cuma bisa jadi lemak doang.

Semua yang dibilang diatas ga ada benernya sama sekali. Makan di malam hari sebelum tidur memang kurang bagus karena bisa ganggu sistem pencernaan dan bisa mengakibatkan sembelit di pagi hari. Tapi makan larut malam belum tentu bikin tambah gemuk/gendut.

Seperti dikutip dari Intense-Workout, tubuh Anda tidak bisa membaca waktu dan tidak tahu konsep waktu. Oleh sebab itu, tubuh pun tidak tahu pukul berapa Anda makan. Singkatnya, mengonsumsi 500 kalori pada pukul 10 pagi, sama saja pengaruhnya ketika Anda makan 500 kalori saat pukul 10 malam. Jadi, bila Anda tidak sempat makan siang atau sore, boleh saja mengonsumsi makanan berat larut malam, asalkan jumlah kalori tidak lebih dari kebutuhan kalori Anda per harinya.

Dalam menjaga berat badan tetap ideal, asupan kalori yang pertama harus diperhatikan, bukan jam makan. Kebutuhan kalori pada setiap orang berbeda-beda, tergantung tinggi-berat badan dan aktivitas harian. Misalnya saja, kebutuhan kalori Anda 2.000 per hari.

Jadi, asupan kalori yang harus masuk ke dalam tubuh juga harus 2.000. Baik itu dikonsumsi secara terpisah (sarapan, makan siang dan makan malam) atau sekaligus di malam hari. Namun, sangat disarankan Anda membaginya tiga kali makan dalam sehari untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit pencernaan akibat makan tidak teratur.

Meskipun tidak masalah makan di malam hari, Anda tetap harus memerhatikan jenis makanannya. Sayur dan protein dari ikan serta bahan nabati adalah makanan yang ‘aman’ dikonsumsi saat malam. Begitu juga dengan kentang rebus, nasi merah dan buah-buahan. Hindari makanan terlalu banyak lemak, daging merah, soda dan makanan manis.

Tapi bila Anda memang punya kecenderungan tidak bisa menahan godaan untuk makan makanan berkalori tinggi, maka makan terlalu malam sebaiknya dihindari. Hal ini untuk mencegah Anda mengonsumsi kalori berlebih yang menyebabkan kegemukan.

Sumber: wolipop.com

 

 

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...