Pulau yang berada di tengah situ ini ternyata memiliki nilai historis yang sangat penting bagi penduduk sekitar. Di tengah pulau tersebut terdapat makam R.A. Suriawinata, yaitu salah seorang pendiri Purwakarta yang meninggal pada 1827. Oleh karena itu, keasrian dan keindahan situ ini sangat di perhatikan oleh pemerintah daerah setempat.

Dahulu, Situ Wanayasa ini hanya dijadikan sebagai tempat persinggahan untuk beristirahat para pengendara yang melalui jalur ini. Namun, sekarang banyak pengunjung yang sengaja datang ke sini untuk berwisata atau bahkan hanya sekadar duduk meresapi sejuknya hembusan angin sambil menikmati kecantikan situ ini.

Kebanyakan pengunjung, datang ke sini bersama keluarganya untuk sekadar makan bersama di tengah-tengah pulaunya. Banyak juga pasangan muda-mudi yang mengisi liburan mereka di sini. Biasanya mereka menikmati keindahan panorama Situ Wanayasa dengan menaiki sepeda air bersama pasangannya. Selain itu banyak juga pengunjung yang sengaja datang hanya untuk memancing ikan.

Tampak di sekeliling situ ini pedestrian yang tertata apik. Warga sekitar biasanya menggunakan pedestrian sebagai jogging track. Tidak heran setiap pagi akhir pekan lokasi ini selalu dipenuhi oleh warga yang berolahraga.
Daya tarik Situ Wanayasa semakin bertambah karena tepat di seberang jalan situ terdapat Warung Sate Maranggi yang menjadi makanan khas kota Purwakarta. Dengan hadirnya kenikmatan lain di sisi situ, menjadikan lokasi ini sebagai tempat istrirahat favorit bagi para pengendara yang melalui jalur ini.

Mereka bisa merasakan kenikmatan sate maranggi yang memiliki cita rasa manis, sedikit asam, dan pedas, sambil menikmati panorama indah Situ Wanayasa. Demikian juga dengan warga yang berolahraga, apabila sudah lelah mereka biasanya mampir ke warung sate ini.

Situ Wanayasa berada di jalur wisata Purwakarta–Wanayasa–Jalan Cagak (Subang)–Bandung. Jadi, jika Anda dari Jakarta dan ingin merasakan sensasi lain perjalanan ke Bandung sangat tepat bila memilih untuk melalui jalur ini. Selain bisa mengunjungi Situ Wanayasa, perjalanan Anda akan sangat mengasyikan karena selain udaranya yang sejuk, pemandangan alam yang menakjubkan berupa bukit–bukit hijau, perkebunan teh, perkebunan sawit, dan hamparan sawah yang luas tersaji dengan sempurna.

Jadi, tunggu apa lagi? Rasakan sensasi lain perjalanan Jakarta-Bandung dan nikmati lezatnya sate maranggi di antara cantiknya panorama Situ Wanayasa.

 

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...
Loading...