Menikmati Temaram Senja di Pulau Tomia, Wakatobi

0

Wakatobi Island

Wakatobi – Salah satu destinasi diving terbaik di Wakatobi adalah Pulau Tomia. Jalan-jalan ke Wakatobi pun rasanya kurang mantap kalau tidak menjajal diving di sana.

Pulau Tomia di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Untuk menuju Pulau Tomia, traveler bisa naik perahu sekitar 4 jam dari Wanci, ibukota Kabupaten Wakatobi.

Ada sekitar 28 spot diving yang populer di Pulau Tomia. Beberapa di antaranya adalah Ali Reef, Roma, Cornucopia, House Reef, Teluk Maya dan masih banyak lagi.

Di Cornucopia, wisatawan bisa menemukan terumbu karang yang tampak seperti tembok vertikal di kedalaman antara 20-55 meter.

Kemudian ada Roma, di sisi barat pulau, Readers dapat menyelami indahnya alam bawah laut di kedalaman 15-25 meter. Spot yang satu ini dihiasi terumbu karang warna-warni yang begitu memesona. Berbeda dengan Cornucopia yang disarankan untuk penyelam yang sudah ahli, Roma masih cukup aman buat yang belum lama belajar diving.

Di sekitar Pulau Tomia tergolong jernih. Sehingga visibilitasnya pun cukup jauh, bisa sampai 15 meter dan kalau mau mengambil foto underwater juga asyik. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera sebelum berangkat diving.

Tentunya untuk mengunjungi berbagai spot ini, wisatawan bisa meminta bantuan pengelola dive resort sekitar. Nah kalau sudah puas diving dan sekadar ingin jalan-jalan di pantai sekitar Pulau Tomia juga asyik lho. Pantai-pantai di Tomia tampak begitu menawan dengan pasir putih dan pepohonan rimbun yang tak jauh dari tepiannya, asyik juga buat berjemur.

Photographer: Barry Kusuma

Apa Komentar Kamu?