Pulau Lembeh

Bitung – Pulau Lembeh adalah salah satu pilihan destinasi wisata yang dicari oleh para pecinta diving dan snorkling karena keindahan wisata bawah lautnya. Pulau Lembeh adalah sebuah pulau masuk wilayah administrasi Kota Bitung di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Pulau ini menjadi begitu terkenal karena menjadi lokasi penyelaman wisatawan asing di Sulawesi Utara selain Bunaken. Pulau ini dipisahkan dari daratan utama Pulau Sulawesi oleh Selat Lembeh.

Jika anda berwisata ke Pulau Lembeh dan menyukai diving maupun snorkling, disana terdapat sekitar 88 spot penyelaman yang dapat anda pilih. Keanekaragaman hayatinya sangat memikat hati, hanya sedikit kalah terkenal dengan Bunaken. Selain diving dan snorkling, anda dapat menjelajahi pantai di pulau Lembah.

Untuk dapat sampai di Pulau Lembeh, anda harus menempuh perjalanan dari Manado ke Bitung terlebih dahulu. Waktu perjalanan dari bandara udara di Manado ke kota Bitung adalah sekitar 45 menit, tersedia bus umum atau taksi. Di Bitung, tempat untuk menuju Pulau Lembeh adalah dari Dermaga Ruko Pateten, anda akan menaiki perahu selama 15 menit untuk dapat sampai di Pulau Lembeh.

Jika anda ingin mengelilingi Pulau Lembeh, anda bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling Pulau Lembeh tersebut untuk perjalanan selama 3 hingga 4 jam. Mintalah juga untuk diajak berkeliling sekitar selat, anda akan menemukan lansekap Gunung Dua Saudara, resort-resort mewah, kapal-kapal yang menambat, dan tentunya beraneka ragam ikan laut yang berada di bawah laut.

Pulau Lembeh sudah sangat mendunia dan tidak asing untuk para penyelam yang sudah profesional. Hotel dan resort begitu berkembang di sini, dan mayoritas sudah dilengkapi dengan fasilitas diving bersetifikat PADI.

Ada Taman Marga Satwa Tandurusa bagi Anda yang ingin melihat keanekaragaman satwa khas Pulau Lembeh ini. Tarsius merupakan binatang andalan yang jadi primadona di tempat ini. Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke Pulau Lembeh?

 

Image: Barry Kusuma

Comments are closed.

Loading...