Jawa Timur – Kuliner Jawa Timur sangatlah unik, apakah anda tahu sebagian besar Kuliner dari Jawa Timur berasal dari Pulau Madura. Apa saja wisata kuliner dari Madura ini, silahkan disimak.

Nasi Serpang
Nasi serpang Madura adalah masakan Madura yang unik, karena menggabungkan semua unsur yang terdapat di Pulau Madura. Karena di Nasi serpang ini terdapat bahan2 sebagai berikut
Satu lagi kekhasan Nasi Serpang, yaitu nyaris tak ada sayur yang nongol di belantara lauk pauknya. Hal ini juga akan Anda jumpai hampir di setiap masakan made in Madura.

Sate Lappa
Sate Lappa konon adalah asal muasal sate Madura yang sangat legendaris, sate ini tidak sebesar sate lalat tetapi mempunyai besar sama seperti sate yang dijual kebanyakan sekarang. Bedanya adalah dibumbu kacang yang lebih encer, dan biasanya dijajakan oleh mbok2 seperti penjual jamu. Sayangnya saat ini sudah sangat susah kita menemui penjual sate Lappa ini karena sudah mulai ditinggalkan para penjual.

Kaldu kaskus
Masakan ini adalah semacam Gulai dari otot kaki sapi atau yang biasa kita kenal kaskus, dengan buah kaldu kaskus yang kental dan gurih. Masakan ini dicampur dengan sedikit kacang hijau, dan semangkuk kaldu kaskus ini disajikan beserta sepiring ubi yang dibuat semacam perkedel dan sepiring lontong.
Rasa dari kaldu kaskus ini sangatlah lezat, karena gurih dan menyerapnya bumbu di kaldu kaskus ini. Jangan lupa sertakan jeruk nipis dan sambal, akan membuat rasa kaldu ini pedas dan segar.

Kue Apem Madura
Makanan khas warga Madura bernama kue Apem Lopes bumbu gula merah jahe plus kayu manis. Selain rasanya nikmat, Kue apem lopes di percaya dapat menghilangkan capek setelah seharian bekerja lantaran kandungan gula merah jahe plus kayu manis, berfungsi untuk menghangatkan badan.

Nasi Goreng Potre Koneng
Nasi goreng potre koneng adalah nasi goreng yang berasal dari Pulau Madura, kenapa dinamakan Nasi Goreng Potre Koneng. Konon nasi goreng ini adalah masakan favourite Putri Koneng, salah satu putri Raja di Madura. Rasanya tidak banyak berbeda dengan nasi goreng biasa, hanya bumbu dan penyajiannya saja yang berbeda. Untuk lauk pauknya nasi goreng ini memakai abon dan ikan teri, bagi yang belum pernah mencoba. Sangat disarankan untuk mencoba nasi goreng ini.

[widgetkit id=118]

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...
Loading...