Garut – Garut tak hanya terkenal dengan makanan khasnya yang bernama Cocodot. Rupanya dipelosok kabupaten Garut sana ada yang tak kalah manisnya dibandingkan dengan coklat dodol tersebut. Pantai Santolo namanya. Pantai ini merupakan sebuah pantai yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Butuh waktu sekitar 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km dari Garut Kota untuk menempuhnya.

Meskipun sudah semakin populer, namun masih banyak para pelancong yang penasaran ingin menginjak pasir putih dan menikmati desiran ombak kemolekan pantai selatan itu.

Agar dapat merasakan sensasi ombaknya yang menawan, memang membutuhkan perjuangan untuk dapat sampai ke sana. Banyak tikungan tajam di antara jurang dan tebing yang rentan akan longsor. Harus berhati-hati untuk melewatinya, jangan sampai kondisi kendaraan yang tidak baik memicu terjadinya kecelakaan.

Selama perjalanan kita bisa menikmati pemandangan hijau bukit dan kebun teh Cikajang. Udaranya yang sejuk dan sisa kabut pagi hari menyambut perjalanan menuju kawasan Pameungpeuk tersebut. Tak hanya disuguhi dengan pemandangan hijau yang menggiurkan, ada pula air terjun kecil diantara jembatan yang dilewati.

Setelah melihat papan bertuliskan LAPAN (Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional), dari tempat peluncuran roket itu menandakan lokasi Pantai Santolo sudah semakin dekat.

Dari gerbang pintu masuk setelah membayar tiket Rp. 3000,- di sebelah kanan Pantai Santolo seraya memanggil mengajak untuk bersilaturahmi dengan deruan ombaknya.

Kawasan Pantai Santolo merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai dermaga pelabuhan kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk. Menikmati panorama pantai dan biota laut, merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan. Tersedia juga sewaan perahu yang melayani wisatawan untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang.

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...
Loading...