Pesona Keindahan Mata Air Tembeling Nusa Penida

0

Bali – Nusa Penida yang letaknya di Pulau Dewata ga pernah berenti menyuguhkan pesona keindahan pantainya saja. Memang yang jadi primadona di Nusa Penida salah satunya adalah Pantai Penida yang letaknya di Desa Sakti. Pesona Pantai Penida memang sudah mulai dikenal karena keindahan pulau kecil yang ada diapit oleh dua bukit nan hijau.

Mata Air Tembeling Nusa Penida Bali sekarang jadi salah satu destinasi wisata wajib yang harus didatangin kalau berkunjung ke pulau kecil nan indah ini. Lokasinya masih di tengah hutan yang masih asli. Butuh waktu sekitar 60 menit untuk menuju pusat mata air yang dikenal juga sebagai Mata Air Tembeling oleh warga sekitar.

Lokasi mata air Tembeling ini ada di Desa Batu Madeg, Banjar Salak, Nusa Penida, Bali. Warga juga menyebutnya dengan sebutan natural swimming Tembeling. Berjalan kaki dari tempat parkir menuju tempat mata air Tembeling ini juga bisa menyuguhkan pengalaman baru.

Mata air Tembeling ini lokasinya gak jauh dari laut, maka jangan heran kalo lanskapnya mirip sama suasana di pantai Penida Bali. Diameter kolam mata air ini diperkirakan sekitar lima sampai enam meter. Lokasinya yang berada di tengah hutan dan tebing tinggi membuat mata air Tembeling ini lebih eksotis

Dulu, mata air ini pernah dijadiin sumber mata air warga, tapi sekarang sudah berubah menjadi tempat wisata tersembunyi di Nusa Penida Bali. Sejak penemuan mata air oleh ibu Hamil (beling) itulah maka mata air ini sampai sekarang dinamakan mata air Tembeling.

Pantai yang dekat dengan mata air Tembeling ini memiliki karakter yang indah. Pasir putih yang bersih yang diwarnai dengan batuan kecil berwarna putih kecokelatan. Yang menarik pula ternyata terdapat sebuah gua yang menghubungkan antara pantai Tembeling dengan pantai sebelah utara lainnya yang terdapat batu-batu karang yang lebih besar ukurannya.

Mata Air Tembeling ini memang merupakan cagar alam yang sengaja dijaga kelestariannya. Selain dijadikan sebagai tempat ritual dan pengambilan air suci untuk ritual keagamaan, mata air Tembeling juga merupakan sumber air minum bagi satwa seperti monyet dan burung Jalak Bali.

Jadi, kapan kamu tersesat di Nusa Penida Bali? (di/rac)