Pulau Layar, Surga tersembunyi di Sulawesi Selatan

0

pulau-selayar

Sulawesi Selatan – Bicara soal Pulau Selayar, pastinya banyak yang belum mengenalinya. Wajar saja pulau selayar ini bisa dibilang sangat terpencil. Pulau selayar ini terletak di Kabupaten Selayar Sulawesi Selatan. Uniknya, kabupaten Selayar ini adalah daerah dengan 95% perairan, dengan 123 pulau, dengan 62 pulau diantaranya sudah berpenghuni.

Pulau Selayar, Surga Kecil Tersembunyi Dari Sulawesi Selatan

Pulau yang hanya memiliki panjang 80 Km ini merupakan salah salah satu pintu gerbang mennuju Taman Nasional Taka Bonerate. Hamparan pasir putih yang panjang dan jernihnya air laut menjadikan pulau Selayar ini sangat mempesona.

Di Pulau Selayar kamu bisa memilihpantai yang ingin dikunjungi, seperti Pantai Pamata, Pantai Langsangireng, Pantai Baliya dan Pantai Rampang-Rampang. Semua pantai ini menawarkan halusnya pasir putih dan jernihnya air laut, yang pastinya akan membuatmu terkagum-kagum.

Ada beberapa keunikan dan merupakan khas dari pantai di Pulau Selayar, yakni barisan karang tepi yang panjang hingga ratusan meter.

Jika berkunjung ke Puau Selayar, jangan lupa untuk mencoba kuliner khasnya yakni Nasi Santan. Nasi yang dimasak menggunakan santan kelapa ini mudah ditemukan disana, karena disetiap sudut Pulau Selayar banyak penjualnya.

nasi santan dan ikan bakar makanan khas dari pulau selayar

image : intaninchan.wordpress.com

Nasi Santan biasanya dihidangkan bersama lauk ikan bakar. Untuk rasanya jangan ditanya lagi, bakal memanjakan perut yang pasti.

Untuk menuju ke Pulau Selayar, kamu bisa berangkat dari Makassar di Pelabuhan Tanjung Bira. Perjalanan ke Pulau Selayar biasanya memakan waktu 2 jam. Ada yang perlu diketahui, jika air laut sedang dalam keadaan pasang biasanya kapal tidak akan melakukan penyeberangan.

Selain menggunakan kapal, ada alternatif lain yang bisa dicoba, yakni dengan menggunakan pesawat kecil dari Makassar menujun Pulau Selayar. Biasanya penerbangan ini melayani 3 kali dalam seminggu saja, di hari Selasa, Kamis, dan Jumat. Untuk lama perjalanan jelas lebih singkat, sekitar 40 menit saja sudah sampai di Pulau Selayar.

 

Sumber: piknikdong.com