Rahasia Goreng Kerupuk Supaya Lebih Renyah

0
hak cipta shutterstock.com

Kerupuk menjadi salah satu pelengkap sajian yang nampaknya tidak bisa dilewatkan begitu saja. Dengan adanya kerupuk, setiap masakan akan terasa makin sedap dan mantap. Kerupuk juga menjadikan acara makan menjadi lebih mengesankan. Selain sebagai pelengkap berbagai sajian, kerupuk juga biasa dijadikan camilan yang wajib ada di atas meja.

Bicara mengenai kerupuk, tidak jarang kita mendapati tekstur kerupuk yang keras dan alot. Apalagi, jika kerupuk ini adalah kerupuk yang kita goreng sendiri. Aktivitas menggoreng kerupuk bisa dibilang gampang-gampang susah. Tapi jangan salah, cara menggoreng kerupuk yang tidak benar akan membuat kerupuk keras dan alot. Lantas, bagaimana cara menggoreng kerupuk agar mekar dan renyah sempurna? Berikut caranya.

Jemur Kerupuk Sebelum Digoreng
Usahakan agar menjemur kerupuk terlebih dahulu sebelum digoreng. Ini bertujuan agar kerupuk lebih kering dan mudah mekar saat digoreng. Kerupuk mentah yang alot karena tersimpan di tempat lembab dan tidak dijemur kembali akan membuat kerupuk juga tetap alot meski sudah digoreng.

Pilih Penggorengan Tepat Untuk Menggoreng Kerupuk
Pilih wajan yang berbentuk cekung untuk menggoreng kerupuk. Wajan cekung adalah penggorengan tepat untuk kerupuk agar kerupuk bisa mekar dengan baik. Selain memilih penggorengan yang tepat, gunakan juga minyak baru untuk menggoreng kerupuk.

Pastikan Panas Api Tepat
Jangan menggoreng kerupuk saat panas api belum maksimal. Jangan pula menggoreng kerupuk saat panas api berlebihan. Kamu harus memastikan bahwa panas api tepat hingga membuat minyak goreng tidak terlalu dingin maupun tidak terlalu panas. Minyak yang terlalu dingin akan membuat kerupuk sulit mekar, sementara minyak yang terlalu panas akan membuat kerupuk cepat matang tapi keras tapi tidak mau mekar.

Aduk Kerupuk dengan Tepat Saat Digoreng
Aduk kerupuk atau bolak-balik kerupuk dengan tepat agar kerupuk matang sempurna dan renyah keseluruhan. Gunakan minyak dengan jumlah yang cukup banyak agar kerupuk bisa terendam sempurna di wajan dan matang dengan baik.

Segera Angkat Kerupuk yang Matang Kemudian Tiriskan
Segera angkat kerupuk yang telah matang dan mekar. Tiriskan di atas wadah yang sudah dilapisi tisu atau kertas agar minyak yang tersisa di kerupuk terserap oleh tisu maupun kertas. Diamkan kerupuk beberapa saat kemudian simpan di wadah tertutup saat kerupuk sudah dingin. Menyimpan kerupuk saat masih dalam kondisi panas justru akan membuat kerupuk tidak lagi renyah dan baunya tidak enak.

Nah, itulah cara menggoreng kerupuk agar mekar dan renyah sempurna. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat. Kalau kamu punya cara lain yang lebih juri, jangan lupa share di kolom komentar ya.

 

Sumber: vemale.com

Isi Artikel merupakan tanggung jawab Penulis dan apabila ada sanggahan (penambahan ataupun pengurangan) dari Pihak ke-3, silahkan bisa menghubungi info[at]ngiderngiler.com
Kontak ngiderngiler.com
Redaksi: klik disini
Media Partner: klik disini
Press Release: klik disini

Klik disini untuk menonton “NGIDERNGILER THE SERIES” terbaru.

Apa Komentar Kamu?