Kawah Ijen; Photo taken by Julia Roubaud

Gunung Bromo; Photo taken by Julia Roubaud

Jawa Timur – Gunung Bromo adalah salah satu destinasi pariwisata di Jawa Timur. Sunrise nya dikenal sebagai pemandangan sunrise terbaik di Indonesia. Karena alasan itu, banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin berkunjung ke lokasi tersebut dan setiap tahunnya selalu meningkat.

Gunung Bromo tercatat secara administrasi di dalam 4 kabupaten yaitu; Probolinggo, Pasuruan, Malang and Lumajang. Sebelum Kerajaan Majapahit berdiri dan agama Hindu masuk Indonesia kawasan Gunung Bromo masuk dalam pengawasan Taman Nasional Gujung Bromo, Tengger, Semeru ini sudah lama ditempati masyarakat suku Tengger.

Ritual Yadnya Kasada adalah salah satu dari dari sekian banyak ritual masyarakat suku Tengger yang selalu digelar tiap tahun. Dalam ritual tersebut, masyarakat suku Tengger mempersembahkan sesajian berupa binatang ternak dan beraneka makanan untuk para Dewa yang mendiami gunung.

Di kawasan bermukim masyarakat suku Tengger terdapat desa yang bernama Argosari. Desa yang masuk dalam wilayah kabupaten Lumajang ini mempunyai sisi menarik yang belum banyak terekspose. Sisi tersebut dikenal dengan nama Puncak B29, diambil dari nama patok taman nasional.

Bagaikan negeri di atas awan, Puncak B29 menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Hamparan awan yang menutupi puncak-puncak gunung, keindahan pemandangan matahari terbit, dan kearifan masyarakat suku Tengger menjadikan Bromo layak menjadi salah satu tujuan wisata alam unggulan di Indonesia. (/jul)

Comments are closed.