Al Jazeerah Signature Bandung; rasa otentik budaya Timur Tengah

0

Bandung –¬†Telah hadir restoran di Bandung yang namanya Al Jazeerah Signature yang menyuguhkan menu masakan khas Timur Tengah. Nama Al Jazeerah Signature sebagai restoran fine dining khas Timur Tengah terkenal juga di kota Jakarta tepatnya di daerah Gondangdia.

Konsep interior ruangan di Al Jazeerah Signature ini betul-betul kental nuansa khas Timur Tengahnya, mulai dari penataan ruang dan design didukung pencahayaan yang ditampilkan ketika malam. Semua yang ditampilkan sangat unik, nyaman dan indah dinikmati oleh mata. Lampu-lampu yang indah dan suasana yang tenang bakal bikin betah untuk berlama-lama di Al Jazeerah Signature ini.

Ditambah dengan beragam macam menu pilihan khas Timur Tengah mulai dari yang familiar dengan telinga orang Indonesia pada umumnya hingga makanan yang memang sengaja diperkenalkan yang tujuannya mengedukasi budaya dan selera Timur Tengah di Indonesia bahwa makanan Timur Tengah sangatlah beragam. Kebanyakan bahan baku Herb atau rempah-rempah khas Timur Tengah di Al Jazeerah Signature di import dari beberapa negara di Timur Tengah termasuk beras mati (long grain khas timur tengah) dengan kualitas yang baik tidak asal-asalan sehingga membuat rasa sajiannyapun semakin otentik.

Menu pembuka yang bernama Arayes adalah sejenis roti lipat khas timur tengah dengan daging kambing didalamnya. Nampak terlihat seperti martabak tapi ya itu namanya arayes.

Arabic Tea

Untuk minuman pembuka, suguhan Arabic Tea bisa membuat perut kita lebih baik untuk mencerna semua makanan khas Timur Tengah yang mayoritas daging (kambing / ayam). Sajian Arabic Tea ini khas, menggunakan poci yang terbuat dari Alumunium yang jika kita pegang langsung akan panas karena tidak ada konduktor sama sekali dan gelasnya pun gelas khas Timur Tengah. Gula pun disajikan terpisah yang bisa di tuang sesuai selera.

Menu lain seperti Nasi Briyani, Nasi Mandi adalah menu yang pastinya paling sering didenger dan paling familiar dan pastinya ada di Al Jazeerah Signature. Selain itu juga ada Marak Laham (kuah kambing muda dengan rempah lalu diberi campuram lemon dicampur dengan baharak – campuran 12 rempah).

Lalu ada lagi yang namanya Nasi Kabsah yang isinya cenderung gurih dan asam karena mempunyai bumbu 7 rempah dan ada tomat yang menjadikan rasanya menjadi asam segar.

Sajian Al Jazeerah Siganture yang berbahan dasar nasi, kita diberikan 2 pilihan untuk dagingnya yaitu kambing atau ayam. Pilihan kambingnya pun yang dipilih adalah kambing muda yang berumur 4 bulan.

Chef Ahmad

“Dengan kambing muda maka bau perengus akan kurang dan tekstur daging akan lebih empuk ketika di proses” ujar Chef Ahmad yang telah melanglangbuana di daerah Timur Tengah puluhan tahun.

Ada makanan penutup yang sangat menarik disini adalah Umm Ali yaitu puding roti, tapi di mulut berpadu dengan manisnya kelembutan roti yang terendam susu serta kerenyahan croissant bertabur almond. Nama Umm Ali ini sendiri adalah artinya Ibunya Ali karena sejarah makanan ini memang andalan buatan Ibunya Ali. Ali adalah salah satu sebutan dari orang Saudi Arabia kepada seseorang. Mereka biasa menyebut nama orang dengan sebutan Ali, Haji atau Muhammad. Jadi seorang lelaki pergi ke tanah Arab dan dipanggil dengan sebutan diatas ya jangan kaget.

Al Jazeerah Signature ini mempunyai tempat yang cukup besar sampai mempunyai beberapa function room yang bisa dipakai acara meeting atau hingga weeding yang bisa menampung 500 orang (standing party). Suasana meeting bakal beda rasanya kalau meeting di Al Jazeerah Signature.

Semua penjuru ruangan di Al Jazeerah Signature mempunyai aroma yang khas yaitu aroma timur tengah yang dikenal dengan nama aroma gahru. Setiap 30menit aroma gahru ini disebarkan ke setiap penjuru dan yang pastinya aroma gahru ini membuat nafsu makan juga semakin meningkat.

Untuk area keluarga di Al Jazeerah mempunyai aila yaitu seperti area lesehan yang ditutup oleh kain hitam dan untuk area lainnya ada area yang lebih santai layaknya ruangan lounge sehingga membuat pengunjung lebih bisa bersantai sambil menghirup sisha dengan berbagai macam pilihan rasa.

Jangan takut untuk masuk ke Al Jazeerah Signature ini, meskipun tempatnya sangat mewah, tapi rata-rata pembelanjaan perorang disini Rp.130.000,- dan harga tersebut sangat sesuai dengan kualitas serta kuantitas yang disajikan.

Jadi persiapkan perut untuk makanan enak dan tentunya kamera untuk berfoto-foto karena setiap sudut Al Jazeerah Signature menarik untuk difoto. (dx/rac)

 

Al Jazeerah Signature
Jl. Ternate No.3 (dekat Jl.LLRe Martadinata)
Bandung

Reservasi: 022-4200288

 

Photo: Jhon & Poernomo

Apa Komentar Kamu?