Rumah Kopi Gembira Kawangkoan
Sulawesi
– Rumah Kopi Gembira Kawangkoan adalah rumah kopi tertua di Sulawesi Utara. Didirikan sejak 1946 dan menjadi tempat ngopi paling terkenal di seantero Sulawesi Utara. Selain menyajikan kopi hitam ataupun kopi susu, bakpao (biapong dalam bahasa lokal) Gembira sudah menjadi makanan ringan yang sangat dicintai oleh orang Minahasa. Sedemikian populernya bakpao Gembira sehingga bermunculan pembuat bakpao lainnya. Ada yang mengusung merk sendiri, ada yang memakai label Bakpao (Biapong) Kawangkoan. Bagi orang Minahasa, bakpao Gembira tetap menjadi pilihan karena cita rasa dan kenikmatan yang berbeda dengan bakpao lain.

Kopi Gembira diproses dari biji kopi Kotamobagu yang disimpan selama beberapa tahun dan disajikan dengan cara tradisional yaitu dengan cara direbus. Sebagai teman ngopi, roti bakar zaman dahulu juga bisa menjadi alternatif selain bakpao.

Sejak lama Rumah Kopi Gembira Kawangkoan telah menjadi tempat wisata bagi warga Sulawesi Utara dan juga menjadi tempat kunjungan wajib turis domestik dan mancanegara apalagi sejak dibukanya obyek Bukit Kasih yang terletak tidak jauh dari Kawangkoan beberapa tahun lalu.

Rumah Kopi Gembira Kawangkoan tengah merencanakan untuk expansi diluar Kawangkoan dengan tetap menggunakan merk “Gembira”, nama yang sudah dikenal orang Kawanua ataupun turis yang pernah berkunjung. (RK/GKW)

 

Rumah Kopi Gembira Kawangkoan
Jln. Raya Kawangkoan
Sulawesi Utara

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...