NGIDERNGILER.com – Hidangan yang bercitarasa pedas menyengat menjadi ciri khas hidangan Manado. Bumbu rica atau bumbu cabai memang sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat. Apalagi ayam yang dibumbui sudah dimasak lama hingga pedas menyengat hingga ke serat dagingnya. Huah..huah! sungguh sangat nikmat bagi anda yang menyukai makanan pedas. Ayam rica-rica merupakan makanan khas Manado, Sulawesi Utara yang populer dan digemari karena rasa pedas menyengatnya. Dalam bahasa Manado “rica” berarti pedas atau cabai, jadi ayam rica adalah ayam berbumbu pedas. Selain ayam, seafood juga sering diberi bumbu rica. Namun tetap dengan ciri khasnya pedas menyengat dan segar.

Ayam Rica Paling Pedas Menyengat dan Sedap

Ayam Rica Paling Pedas Menyengat dan Sedap

Bumbunya sederhana. Bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit merah dan jahe. Ditambahkan serai, daun jeruk dan tomat. Agar daging ayam terasa asam segar biasanya dilumuri air jeruk nipis. Bumbu dan daging ayam dimasak menjadi satu hingga empuk meresap. Nah ayam rica beraroma asam pedas ini paling asik disantap bersama nasi hangat.

Tiga restoran Manado di Jakarta menyajikan hidangan ayam rica yang aduhai pedas. Kami mampir ke Restoran Ikan Tude Manado, Beautika Restoran dan Pingkan Masakan Manado untuk merasakan racikan ayam rica yang jadi andalan. Ayam rica racikan Restoran Ikan Tude Manado, disajikan dengan sambal yang melimpah. Daun kemangi dan irisan daun kuyit membuat aroma sambal makin semerbak. Potongan ayamnya lumayan besar berisi empat potong ayam per porsi, dibalut sambal berwarna merah kecokelatan dan sedikit jejak minyak berwarna oranye.

Tekstur ayamnya empuk dengan bumbu cabai yang pedas menyengat dan gurih dengan sedikit rasa asam. Bumbu cabai yang melimpah membuat rasa pedas terus terasa hingga suapan terakhir apalagi jika diaduk dengan nasi hangat. Rasanya seporsi ayam rica yang lezat ini cukup wajar jika harganya Rp.35.000.

Lain lagi dengan racikan ayam rica di Beautika Restoran, ayam rica diselimuti dengan rawit merah yang dihaluskan. Warna bumbu cabainya kemerahan menyala. Potongan daging ayamnya kecil-kecil, dan berisi lima potong ayam. Agaknya ayam ini dimasak agak lama karena teksturnya lebih lembut. Sambal ricanyapun meresap sempurna ke dalam serat daging ayam. Namun rasa sambal lebih asam menonjok tetapi di akhir baru terasa sengatan pedasnya. Ayam rica yang asam segar ini harganya Rp 40.000 perporsi.

Berbeda dengan ayam rica dari Pingkan Masakan Manado. Seporsinya berisi satu potong daging ayam seharga Rp. 17.000. Tekstur daging ayamnya mirip dengan racikan Restoran Ikan Tude Manado empuk dan garing ini ditutupi dengan sambal yang royal dan digenangi sedikit minyak berwarna oranye kemerahan.

Hmm.. aroma sambalnya hampir begitu pedas dan segar. Meskipun rasa sambalnya cenderung asin, namun pedasnya cabai rawit sangat kuat menyengat. Semakin lama dikunyak semakin terasa pedas gurih yang kuat.

Setelah mencicipi ketiganya, racikan Restoran Ikan Tude Manadolah yang jadi jagoannya. Tekstur ayamnya empuk garing ditambah sambalnya yang pedas dan asam segar yang seimbang. Jika Anda menyukai rasa asam bisa mencoba ayam rica racikan Beautika Restoran atau ayam rica dari Pingkan Masakan Manado yang gurih asin dan pedas.

Nah, kalau siang yang dingin ini ingin menghangatkan diri dengan seporsi ayam rica dan nasi hangat, segera saja tentukan restoran mana yang akan Anda singgahi.

Restoran Ikan Tude Manado
Jl. Blora No.29
Menteng, Jakpus
Telepon: 021-3903148

Beautika Restoranlah
Jl. Hang Lekir No.1
Jakarta Selatan
Telepon: 021-7226683

Pingkan Masakan Manado
Duren Tiga Raya 172 B
Jakarta Selatan
Telepon: 021-79194076 / 79183149

 

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...
Loading...