NGIDERNGILER.com
 – Kegagalan adalah sesuatu hal yang wajar karena tidak ada keberhasilan yang diraih tanpa usaha. Jika tidak pernah berusaha, apakah kita akan sukses ataukah gagal?  Kegagalan di masa lalu itu wajar dan tidak pernah ada orang yang ingin gagal. Oleh karena itu, keberadaan masa lalu bisa mempengaruhi kesuksesan ataupun kegagalan di masa akan datang. Apapun rencana kita nanti, seharusnya kita terus berusaha sebaik mungkin untuk persiapan di hari esok.

seto_lwcDemikian pula yang dialami oleh seorang ayah muda yang sudah mempunyai 2 orang anak ini bernama lengkap Seto Nurseto, pria yang besar di kota kembang Bandung ini mengalami kegagalan yang berbuah sebuah kesuksesan dalam menjalani bisnisnya di bidang kuliner. Diawali dengan membuka cafe di kawasan Bandung Selatan yaitu Little White Cafe, Seto mengalami jatuh bangun di usaha ini. Usaha yang dibangun di tahun 2011 ini mengalami pasang surut dikarenakan beberapa hal yang tidak menjadi perhatian ketika membangun diawal usahanya.

Seto yang dalam pendidikan formalnya belajar tentang Antropologi dan membuat tesis tentang Antropologi Kuliner membuat dirinya introspeksi terhadap bisnis kuliner yang dijalankannya. Menurut pengakuannya ketika dia memulai bisnis kuliner pertamanya tidak merasa sedikitpun takut gagal dan jatuh. Seto adalah seorang pekerja keras sejak semasa sekolah dulu dengan bisnis kecil-kecilannya dan memulai serius menjalankan bisnis kulinernya yang termasuk skala besar.

Planning atau perencanaan adalah hal yang sangat penting dalam memulai suatu bisnis, jangan pernah terburu-buru dalam menjalankan usaha karena hasilnya tidak akan pernah maksimal. Setelah perencanaan yaitu konsep yang akan diusung, karena konsep tersebut yang akan membuat arah bisnis kuliner yang akan dilakukan. Hal lain yang tidak kalah pentingnya menurut Seto adalah pengelolaan; seperti pengelolaan manajemen, keuangan, administrasi, laporan.

Dengan hal ini semakin meyakinkan Seto untuk mengembangkan bisnis Little White Cafe nya yaitu dengan membuka tempat di daerah baru dengan menerapkan ilmu yang ia peroleh setelah mengalami kegagalan demi kegagalan. Mengusung nama yang sama yaitu (New) Little White Cafe, Seto semakin memperbaiki bisnisnya agar menjadi bisnis yang semakin besar dan bertahan lama.

Masih penasaran dengan kiat sukses yang lain? Simak artikel selanjutnya di NGIDERNGILER.com(/dra)

 

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...
Loading...