NGIDERNGILER.com – Pernah makan bubur manado? Bagi yang sudah mencoba, Anda pasti tahu rasa bubur tradisional asal Sulawesi Utara ini rasanya lezat dan tak kalah dengan masakan tradisional indonesia lainnya.

Kabar gembira datang dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Rencananya dalam waktu dekat ini, bubur Manado akan dimasukkan sebagai ikon kuliner nusantara. Hal tersebut disampaikan Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf, Esthy Reko Astuty saat di Manado (12/2).

Sebelum dimasukkan sebagai ikon kuliner tradisional Indonesia, bubur Manado atau  biasa disebut tinutuan akan dianalisi terlebih dahulu untuk mengetahui kriterianya. Makanan asal Sulawesi lainnya yang lebih dulu masuk sebagai ikon kuliner Indonesia adalah Klappertaart, untuk itu Esthy berharap bubur Manado segera menyusul.

Saat ini sudah ada 30 jenis makanan dan minuman tradisional indonesia yang sudah masuk sebagai ikon kuliner indonesia. Dari semua jenis makanan dan minuman tradisional itu akan disajikan pada saat kegiatan atau pertemuan besar skala internasional yang dihadiri oleh pemimpin dari berbagai negara, misalnya APEC.

30 makanan dan minuman yang telah masuk sebagai ikon tradisional indonesia adalah, ayam panggang bumbu rujak Yogyakarta, gado-gado Jakarta, nasi goreng kampung, serabi Bandung, sarikoyo Minangkabau, es dawet Banjarnegara, urap sayuran Yogyakarta, sayur nangka Kapau, lumpia Semarang, nagasari Yogyakarta, kue lumpur Jakarta, soto ayam Lamongan, rawon Surabaya, asinan Jakarta, Sate ayam Madura, sate maranggi Purwakarta, klappertaart Manado, tahu telur Surabaya, sate lilit Bali, rendang Padang, orak-arik buncis Solo, pindang patin Palembang, asam padeh tongkol Padang, nasi liwet Solo, es bir pletok Jakarta, kolak pisang ubi Bandung, ayam goreng lengkuas Bandung, laksa Bogor, kunyit asam Solo, dan nasi tumpeng Solo.

Dengan memasukkan puluhan masakan khas tradisional indonesia sebagai ikon kuliner nusantara, pemerintah berupaya bukan hanya menyajikan masakan lezat nusantara kepada seluruh tamu kenegaraan, tapi turut mempromosikan produk unggulan masyarakat di seluruh Indonesia.

Untuk bisa masuk dalam ikon kuliner tradisional indonesia kriterianya cukup mudah, selain rasanya harus enak dan punya ciri khas, bahan baku untuk membuatnya juga harus mudah diperoleh, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Kemudian, kuliner tersebut juga sudah dikenal oleh masyarakat luas.

Bahan untuk membuat tinutuan atau bubur Manado sangat sederhana. Tinutuan merupakan campuran berbagai macam sayuran yaitu labu kuning yang juga disebut sambiki, beras, singkong, bayam, kangkung, daun gedi, jagung, dan kemangi. Semua dimasak menjadi satu berserta bumbu. Biasanya masakan yang mengadung sayuran ini cocok untuk sarapan. Untuk pelengkapnya, bubur Manado dapat disajikan dengan ikan asin, sambal dan berbagai pelengkap hindangan lainnya.

 

Penulis: M.Nazriel

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...
Loading...