Tipat Kuah Bali; photo taken by Metha

Tipat Kuah Bali; photo taken by Metha

Bali – Hidangan khas Bali khususnya Denpasar ini isinya ketupat (*Bali=tipat) yang dinikmati dengan kuah. Untuk cara makannya bisa dipisah dengan piring/mangkok tersendiri atau bisa disatukan dengan ketupatnya langsung.

Dan pada umumnya masakan Bali, bumbunya sangat terasa karena bumbu Bali rata-rata dirajang dan dipotong kecil-kecil bukan diulek dan yang pasti rasanya pedas.

Rasa pedas ketika menyantap tipat kuah ini berasal dari sambal goreng campur cabe dan bawang dimana cabe ini hanya diiris-iris kecil tidak diulek dan disajikan dengan bawang goreng bersana sedikit garam dengan tambahan telur rebus sebagai pelengkap.

Tipat sayur ini biasanya dilengkapi sayur kacang panjang, tauge dan sayur urap. Dan kacang goreng adalah tambahan wajib yang hampir selalu ada di setiap makanan Bali. Kacang tanah yang digoreng dengan minyak hingga nyaris kering biasa hadir di makanan Bali lain seperti sate lilit, nasi campur. Rasa renyah kacang tanah ini juga menemani kulit ayam gorengĀ  kering dan tipat sayur ini akan semakin lengkap dengan tambahan sate jeroan.

Salah satu tempat yang menyediakan tipat kuah di daerah Denpasar yaitu Warung Tresni, tempat ini lebih mudah disinggahi karena parkirannya juga luas. (/met)

Warung Tresni
Jl. Drupadi No.54
Renon , Denpasar
Bali

Comments are closed.

Loading...