Food Photography

Sekarang apapun yang dihadapan Readers bisa menjadi objek foto; seperti manusia, binatang, alam hingga makanan.

Ada beberapa tips yang bisa diikuti supaya hasil foto makanan Readers terlihat lebih keren dan mengundang “like” dariĀ orang-orang khususnya di social media. Jadi harus dipastikan foto itu bagus dan tidak diambil seadanya. Berikut beberapa tips supaya menjadi idola:

Jangan menggunakan flash secara langsung (direct flash)
Lebih disarankan menggunakan cahaya natural. Meskipun lampu flash bagus dalam menghasilkan cahaya terang terarah, tapi hal tersebut bisa membuat bayangan gelap pada objek makanan. Kecuali menggunakan flash untuk tingkatan lebih lanjut seperti strobist. Penggunaan flash tidak memakai tehnik yang benar bisa membuat foto makanan tidak menarik.

Pilih sudut foto dan setelan macro
Tidak semua sisi makanan bisa menarik perhatian tapi dengan pengaturan macro dengan sudut foto yang pas bisa membuat makanan lebih manarik. Ambil lah beberapa kali untuk foto setiap objek sehingga kita bisa memilih mana yang akan di publikasikan. Bisa dicoba untuk mengambil sudut kamera dengan jarak dekat, sudut tiga perempat atau bisa juga mengambil sudut dari atas objek (birdeye view)

Hindari bidikan objek yang berdiri sendirian dengan sudut birdeye view, akan lebih baik jika objek tersebut tidak berdiri sendirian jika mengambil sudut foto dari atas. Pilihan mengambil foto makanan yang telah tergigit bisa menjadi pilihan dengan bidikan close up untuk mengisi frame dan menampilkan tekstur.

Pergunakan Tripod
Untuk mengambil makanan dengan tehnik zooming dan macro, diusahakan sebisa mungkin kamera dalam keadaan stabil. Untuk meminimalisir resiko tersebut maka tangan pun harus stabil tapi jika masih tidak bisa stabil, lebih disarankan untuk menggunakan tripod.

Sentuhan Akhir
Supaya foto Readers semakin mantap dan menggiurkan pergunakan sentuhan akhir seperti menambah filter atau aplikasi foto editing. Salah dalam memilih filter atau edit bisa membuat foto Readers menjadi terkesan biasa. Satu hal yang penting adalah foto makanan harus terlihat menggugah selera dan mengundang nafsu makan.

Melakukan Food Photography itu mudah, tapi untuk membuat Food Photography yang mengundang selera itu gampang-gampang susah. Perbanyaklah latihan dan eksperimen untuk hal-hal baru, serta jangan pernah takut salah dan jangan pernah malu.

Melakukan Food Photography di tempat umum pastilah menarik perhatian orang, tapi disitulah letak tantangannya. Selamat mencoba (/dra)

Comments are closed.