NGIDERNGILER.com – Tak ubahnya dengan ayam, telur memiliki banyak jenis dan variasi olahan. Khususnya telur ayam yang sangat populer sebagai menu sehari-hari. Variasi olahannya terdiri dari.

OLAHAN INTERNASIONAL

Telur Setengah Matang (Soft Boiled Eggs)
Telur direbus hingga setengah matang. Temperatur panas air perebus serta lamanya waktu merebus harus diperhatikan. Kegagalan yang sering dialami pemula, rebusan telur masih terlalu mentah dan berbau amis. Atau telur rebus terlalu matang.  Telur setengah matang dimakan langsung dengan bumbu garam dan merica. Atau disajikan sebagai pelengkap masakan nasi goreng, bubur ayam atau mi rebus. Dipercaya sebagai makanan pembangkit vitalitas

Telur Orak Arik (Scrambled eggs)
Telur dikocok lepas dengan sedikit susu cair. Kemudian dimasak dengan sedikit minyak atau mentega sambil diaduk-aduk sampai matang, bewarna kuning cerah. Berbutiran kasar. Dijadikan pelengkap sajian roti.

Telur Rebus Tanpa Kulit (Poached Eggs)
Chef Indonesia menamakannya dengan sebutan putri mandi. Telur direbus dengan memecahkan kulitnya. Rebusan ini harus mampu membungkus bagian kuning telur secara sempurna. Tekstur putih telur matang namun bagian kuningnya masih setengah matang. Karena dianggap kurang praktis, dibuatlah poach eggs dengan rebusan kuning telur ditengah menyerupai telur mata sapi. Teknik merebus, isi telur tidak dimasukkan langsung kedalam air mendidih, melainkan diletakkan diatas sendok sayur,kemudian sendok ditenggelamkan ke dalam air perebus. Poach eggs dijadikan bahan isian roti.

Omelet
Menyerupai telur dadar, hanya bentuknya setengah lingkaran. Dengan campuran dan isian  lebih banyak dan kaya variasi. Proses membuatnya membutuhkan perhatian khusus. Telur dikocok sampai setengah mengembang, diberi susu cair atau krim, garam dan merica. Salah satu isian favorit adalah smoked beef jamur, dengan taburan keju parut. Minyak yang digunakan untuk menggoreng menggunakan mentega. Proses membuatnya membutuhkan perhatian khusus. Telur dimasak dengan ukuran yang lebih banyak.  Bagian tengah telur yang cenderung lebih tebal dari bagian pinggirnya akan lama matang.Sedangkan bagian pinggirnya mudah matang karena volumenya lebih sedikit. Ketika dimasak dianjurkan untuk mengaduk-aduk bagian tengah telur hingga setengah matang, agar matangnya merata.

Telur isi
Telur rebus dibelah menjadi 2 bagian. Bagian kuning akan dikeluarkan dan dihaluskan. Kemudian dicampur dengan mustard, daging ikan tuna atau smoked beef, garam dan merica. Kemudian bagian isi akan dijadikan isian bagian tengah telur, dengan cara disemprotkan dengan menggunakan spuit. Seringkali dijadikan canape. Makanan kecil bercitarasa manis, gurih atau asin dengan ukuran kecil.

OLAHAN ASIA

Telur Dadar
Hampir sama dengan omellete, hanya telur dadar ala Indonesia tidak terlalu banyak menggunakan bahan isian. Bumbunya terdiri dari garam, merica. Sedangkan bumbu pelezat ditambahkan irisan daun bawang. Teknik menggorengnya dilakukan dengan cara dibolak-balik

Telur Kukus
Biasanya makanan ini identik dengan masakan chinese atau jepang. Telur dikocok dan dibumbui dengan garam dan lada seperti akan membuat telur dadar. Lalu dimasukkan ke dalam mangkuk beling tahan panas. Kemudian kukus telur dalam mangkuk tersebut hingga matang. Variasinya, bisa ditambah dengan daging atau daun bawang di dalam telur tadi.

Penulis: M.Nazriel
Photo: google.co.id

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...