Semarang – Interior ruangan masih terawat dengan baik meski sudah berusia lebih dari 70 tahun. Sebuah piano, toples-toples cookies yang berukuran besar, foto-foto hitam putih jaman dahulu, mampu memberikan nuansa tempo dulu. Itulah gambaran singkat Toko Oen, restauran legendaris yang berlokasi Jalan Pemuda didirikan sejak tahun 1936.

Toko Oen pertama kali didirikan tahun 1922 di Yogyakarta oleh Ibu Liem Gien Nio. Setelah itu dibuka cabang Toko Oen di Semarang pada tanggal 16 April 1936 dan disusul Toko Oen Cabang malang. Dulunya Toko Oen merupakan tempat makan orang-orang Belanda di masa itu. Sampai saat ini Toko Oen tetap menjadi lokasi yang menarik bagi para opa maupun oma Belanda yang datang ke Semarang. Saat ini Toko Oen Semarang di kelola oleh Yenny Megaputri, salah satu cucu dari Ibu Liem Gien Nio

Toko Oen menyajikan berbagai menu makanan. Toko Oen mempunyai spesialisasi steak dan huzarensla(salad ala Belanda). Cobalah rasakan menu gaya Eropa yang jadi andalan Toko Oen. Bistik Hamburg, wcordon bleu, bestik lidah, inner schnitzel, atau kakap ala meuniere begitu nikmat di lidah

Hidangan ala Indonesia juga banyak dicari, di antaranya sate ayam dan nasi goreng spesial. Biasanya bila akhir pekan diadakan live music yang mengiringi para tamu menikmati hidangan. Bermacam-macam ice cream kreasi dengan resep turun temurun dijual dengan harga yang kompetitif dengan toko lain. Tutti frutti atau Oen’s Symphony, keduanya bisa membuat Anda ketagihan.

Selain ice cream, Toko Oen juga menjual aneka kue kering yang sangat pas bila dinikmati dengan segelas kopi hangat. Speculaas dan Koekjes buatan Toko Oen selalu diburu turis domestik ataupun manca negara. Ada yang bercita rasa keju, kacang-kacangan, rempah, atau cokelat. Bolu khas Belanda, Ontbitjkoek tak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Menikmati hidangan di Toko Oen memang lain dari biasanya. Selain interior tempo dulu, menu masakannya juga tak kalah unik. Banyak menu makanan yang resepnya tetap terjaga meski sudah berusia hampir seabad.

Jika anda berwisata ke Semarang, Toko Oen adalah salah satu tempat wisata kuliner yang wajib di kunjungi.

Toko Oen
Jl. Pemuda 52
Semarang

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...
Loading...