Yogyakarta – “Tolpit” a.k.a Adrem Makanan khasnya Bantul yang satu ini disamping rasanya manis dan gurih juga memiliki nama yang unik. Penganan yang terbuat dari adonan tepung beras yang ditambah dengan gula jawa, trus digoreng, paling enak dimakan selagi anget. Nih barang paling sering dijumpai di pasar Turi dusun Turi, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul. Namun aslinya dari daerah kecamatan Sanden, BantulDulu sebelum tahun 2000 makanan ini hanya dapat dijumpai pada waktu panen tiba. dengan cara pembelian bukan dengan uang tapi dengan hasil panen (gabah).

Biasanya penjual andrem berkeliling dari petak perpetak(sawah)…rasa andrem lebih mirip kue cucur hanya beda bentuk dan lebih legAdrem, warga Jogja sering menyebutnya “Tolpit” yaitu singkatan dari “Kontol Gejepit”. Kenapa demikian? Melihat dari postur atau bentuknya yang emang mirip dengan bagian alat kelamin pria itu, tepatnya yaitu skrotum pas lagi kejepit. Mungkin agak jorok ya namanya, tapi memang demikian, ditambah dengan gula jawa, trus digoreng, paling enak dimakan selagi anget. Nih barang paling sering dijumpai di pasar Turi dusun Turi, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul. Namun aslinya dari daerah kecamatan Sanden, Bantul

Dulu sebelum tahun 2000 makanan ini hanya dapat dijumpai pada waktu panen tiba. dengan cara pembelian bukan dengan uang tapi dengan hasil panen (gabah). Biasanya penjual andrem berkeliling dari petak perpetak(sawah)…rasa andrem lebih mirip kue cucur hanya beda bentuk dan lebih legit.

Adrem, warga Jogja sering menyebutnya “Tolpit” yaitu singkatan dari “Kontol Gejepit”. Kenapa demikian? Melihat dari postur atau bentuknya yang emang mirip dengan bagian alat kelamin pria itu, tepatnya yaitu skrotum pas lagi kejepit. Mungkin agak jorok ya namanya, tapi memang demikian..

 

sumber: bantulonline.com

Bagaimana pendapat Readers?

Loading Facebook Comments ...