Trik Menggunakan DSLR untuk Food Photography

0

Dunia fotografi akhir-akhir ini semakin semarak terutama di bidang food photography dan traveling photography ditambah dengan banyaknya jenis dari kamera DSLR yang punya fitur canggih yang bisa menghasilkan foto yang baik.

Tapi yang paling penting adalah tau cara menggunakan kamera DSLR dengan tepat dan mengetahui teknik pencahayaan yang benar untuk mendapatkan hasil foto yang diinginkan.

Fotografi sendiri merupakan salah satu bidang seni dengan menuntut kreatifitas tanpa ada aturan mutlak di dalamnya. Pintar mengatur sumber cahaya menjadi salah satu poin penting dalam dunia fotografi. Dengan menggunakan aperture, jumlah cahaya yang masuk ke dalam lensa bisa disesuaikan untuk menghasilkan kualitas foto yang tajam. Ini juga menjadi cara menggunakan kamera DSLR

Fotografi merupakan salah satu bidang seni dengan menuntut kreatifitas tanpa ada aturan mutlak di dalamnya. Pintar mengatur sumber cahaya menjadi salah satu poin penting dalam dunia fotografi. Dengan menggunakan pengaturan aperture, jumlah cahaya yang masuk ke dalam lensa bisa disesuaikan untuk menghasilkan kualitas foto yang tajam. Ini juga menjadi cara menggunakan kamera DSLR yang benar dan banyak dilakukan para fotografer profesional.

Cara Menggunakan Kamera DSLR untuk Mendapatkan Pencahayaan yang Tepat

Sudah banyak diketahui bahwa waktu yang tepat untuk mendapatkan pencahayaan yang bagus saat mengambil foto adalah saat matahari bersinar. Mulai dari saat matahari terbit sampai sebelum matahari tenggelam. Dengan adanya cahaya alami, hasil bidikan kamera akan sangat memuaskan jika sudah mengetahui cara menggunakan kamera DSLR dengan benar. Namun saat terbaik untuk mengambil foto adalah ketika matahari terbit atau sebelum tenggelam karena pada saat itu cahaya matahari lebih lembut hampir tanpa bayangan dan tidak terik dan banyak fotografer bilang waktu itu disebut Golden Time.

Berikut beberapa cara menggunakan kamera DSLR untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat perlu Anda terapkan :

  • Meningkatkan shutter speed menjadi cara menggunakan kamera DSLR yang pertama. Peningkatan kecepatan shutter ini berguna untuk menghindari cahaya yang berlebihan. Selain mengurangi kecepatan shutter, menurunkan aperture juga diperlukan untuk mengurangi cahaya yang masuk ke dalam lensa.
  • Cara menggunakan kamera DSLR untuk mendapatkan pencahayaan tepat selanjutnya adalah menggunakan fill-flash. Mengubah pengaturan built-in flash ke dalam modus fill-flash sangat diperlukan untuk menutupi area gelap yang akan tetap muncul saat memotret di siang hari dengan cahaya yang sangat terang.
  • Gunakan nilai ISO rendah saat memulai pemotretan. Atur nilai ISO secara manual pada kamera DSLR dengan nilai rendah karena pengaturan ISO yang terdapat pada kamera DSLR berfungsi sebagai pengontrol sensitif sensor terhadap cahaya. Jadi, semakin rendah nilai ISO akan membuat kepekaan kamera DSLR terhadap cahaya akan semain berkurang.
  • Cara menggunakan kamera DSLR yang selanjutnya adalah mengatur aperture terkecil. Pada dasarnya pengaturan aperture adalah mengontrol seluruh mekanisme yang terdapat pada lensa kamera DSLR yang sangat dekat jaraknya untuk mengubah sudut pandang fokus. Selain itu, aperture juga dapat mengubah jumlah cahaya yang akan didapatkan oleh sensor. Tanda dari aperture terkecil adalah tingginya angka, seperti f/11 dan f/16. Dengan begitu, cahaya yang masuk ke dalam kamera akan kurang dan foto yang dihasilkan menjadi lebih fokus. Jika ingin mendapatkan efek blur pada bagian depan atau belakang foto, gunakan bukaan aperture terlebar yang ditandai dengan nomor terkecil pada huruf F serta kurangi kecepatan shutter.
  • Memaksimalkan fungsi modus metering saat memotret siang hari bisa dijadikan sebagai trik untuk mendapatkan hasil foto terbaik. Pada umumnya modus spot metering pada kamera DSLR akan dipilih dan subjek utama digunakan dalam tampilan yang dipotret untuk menyesuaikan pencahayaan. Selain itu, cara lain yang bisa digunakan adalah menentukan area tone normal/mid-tone. Penentuan ini untuk menyesuaikan cahaya jika ingin semua area terkena cahaya secara merata.

Itulah sedikit ulasan tentang cara menggunakan kamera DSLR untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat. Di artikel selanjutnya akan kita bahas tentang Food Photography.

 

 

 

Isi Artikel merupakan tanggung jawab Penulis dan apabila ada sanggahan (penambahan ataupun pengurangan) dari Pihak ke-3, silahkan bisa menghubungi info[at]ngiderngiler.com
Kontak ngiderngiler.com
Redaksi: klik disini
Media Partner: klik disini
Press Release: klik disini

Klik disini untuk menonton “NGIDERNGILER THE SERIES” terbaru !!

Apa Komentar Kamu?