Photo: arditop

Photo: arditop

Solo – Di antara banyak tempat makan di Solo, ada satu referensi untuk Readers jika ingin mencicipi racikan Selat Solo yang khas dan menyegarkan, yakni di Warung Makan Mekar Sari. Sebenarnya ada banyak menu lain yang ditawarkan di warung makan ini, tapi memang Selat Solo-nya lah yang menjadi menu andalan dan memang disukai banyak orang.

Sekilas tidak banyak perbedaan antara Selat Solo Mekar Sari dengan menu serupa yang dijual di tempat lain. Dalam satu porsi terdapat aneka sayuran (seperti wortel, buncis, selada, tomat, dan mentimun), kentang goreng, keripik kentang, telur pindang, dan beberapa potong daging sapi. Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah selat yang berwarna cokelat pekat (seperti kuah semur). Di atas daun selada ditambahkan mustard yang akan memperkaya citarasa ketika bercampur dengan kuah selat.

Selat Solo Mekar Sari terasa istimewa terutama karena menggunakan potongan daging sapi yang ukurannya cukup besar dan sangat empuk. Saking empuknya, tidak perlu usaha keras untuk menghabiskan daging selat tersebut di mulut. Daging yang digunakan sepertinya memang benar-benar pilihan. Selain itu, bumbunya pun begitu merasuk dalam daging meski potongannya cukup tebal. Dari bahan-bahan dengan kualitas nomor wahid ini terciptalah salah satu racikan selat terenak di Solo. Menyantap Selat Solo Mekar Sari pun menjadi pengalaman yang mengesankan.

Selain Selat Solo, anda juga bisa mencoba menu tradisional lainnya seperti Tahu Acar, Nasi Gudeg, Gado-Gado, dll. Bagi yang belum tahu, Tahu Acar adalah masakan semacam tahu campur tapi menggunakan kuah asam encer yang menyegarkan. Isiannya berupa mie, tahu goreng yang dipotong dadu, kol, dan acar mentimun. Bahan-bahan tersebut kemudian diguyur kuah asam yang berbahan dasar tomat dan di atasnya ditambahkan taburan kacang goreng untuk memperkaya tekstur dan rasa. Menu minumannya pun beragam, anda bisa memesan minuman tradisional Jawa seperti es beras kencur.

Warung Selat Solo Mekar Sari ini berlokasi di dekat Pasar Kembang Solo. Tempatnya tak terlalu sulit ditemukan, karena terletak tak jauh dari jalan raya. Bangunannya tak seberapa besar dan persis berada di pojokan jalan masuk menuju sebuah gang. Pelanggan lama mungkin sudah tahu bahwa warung yang sekarang ini merupakan pindahan dari Jl. Honggowongso (dc/rac)

Warung Gudeg & Selat Mekar Sari
Jl. Dr. Radjiman 182B
Solo

Comments are closed.