5 Manfaat Traveling Bersama Anak

0

Pengalaman adalah guru terbaik, guru terbaik adalah mereka yang mampu memberikan pengalaman untuk anak didiknya. Mengajarkan wilayah Indonesia idealnya dengan langsung mengunjungi berbagai tempat yang menarik untuk belajar langsung di sana. Mengajarkan suatu wilayah bukan fisik tetapi juga dengan segala hal yang terkait di dalamnya. Sosial dan budaya adalah dua hal yang juga sangat menarik untuk dikaji.

Sayangnya, wilayah Indonesia yang sedang membuat jaringan antar satu daerah dengan daerah lain tidak bisa dilewati dalam waktu yang singkat. Sehari atau dua hari sangat bisa dilakukan Indonesia. Belum lagi wilayah kepulauan yang dilepas oleh lautan, jalur kendaraan darat terbatas tidak akan bisa secara keseluruhan.

Untuk menyiasati keprihatinan terhadap wilayah Indonesia, sebagai pendidik atau orangtua, kita dapat memanfaatkan banyak potensi pembelajaran di sekitar kita dengan traveling hemat bersama anak-anak. Ada banyak sekali proses yang diperlukan untuk menghemat biaya tersebut. Inilah beberapa hal yang dapat dilakukan jika melakukan perjalanan bersama anak:

1. Traveling membukakan wawasan baru untuk anak-anak

Perjalanan ke tempat-tempat menarik di Indonesia akan membukakan mata anak-anak tentang luas dan beragamnya Indonesia. Hanya variasi budaya di berbagai daerah di Indonesia. Setiap daerah memiliki corak yang berbeda dengan daerah lainnya. Perbedaan ini meningkat kaya dan menarik jika diteliti lebih lanjut. Menginspirasi anak-anak dengan segala perbedaan ini akan menambah wawasan mereka untuk menjadi pribadi yang terbuka di kemudian hari.

2. Traveling bersama memupuk kemandirian anak
Sikap mandiri adalah salah satu tujuan Pendidikan. Setiap orang tentu berharap anak-anak bisa mandiri saat mereka dewasa. Sebentuk pendidikan kemandirian ini bisa dilakukan dengan mengajak anak-anak untuk traveling. Kemandirian ini dapat dilakukan dalam berbagai kegiatan keseharian selama bepergian, misalnya akan sendiri, yang akan dilakukan sendiri, yang akan dilakukan jika sudah sampai di tempat tujuan, yaitu perjalanan dan transportasi yang akan digunakan. Merencanakan moda transportasi dengan pembelian tiket dan sebagainya. Harapannya tentu saja ini bisa menjadi pengalaman yang menarik buat anak-anak.

3. Traveling belajar mengenal dan menghormati budaya sekitar

Anak yang sering bepergian akan terbiasa dengan nilai-nilai dan norma di luar kebiasaan sehari-hari. Orangtua atau pendidik bisa mengajar anak untuk menghormati semua budaya di tempat yang dituju. Sikap penghancur ini sangat mendasar dipelajari oleh anak. Anak yang tahu sopan santun dan menghormati orang lain akan menjadi pribadi yang baik dibandingkan anak yang tidak tahu norma dan kesantunan. Traveling bisa menjadi pintu masuk untuk mengemasi makna kesejatian dan budaya sekitar.

4. Traveling memperat hubungan emosional antar keluarga
Perjalanan bisa menjadi salah satu bentuk penyembuhan untuk beberapa kasus dalam rumah tangga yang disebut kerenggangan satu sama lain. Traveling sekeluarga menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi sebuah daerah, membangun tenda bersama-sama, memasak di alam terbuka, akan membuat hubungan emosional Kembali erat. Kerjasama yang dibangun dalam kegiatan alam terbuka telah terbukti mampu meningkatkan semangat, kepercayaan diri, dan mengobati hati yang luka. Saat memasak bersama-sama dan bercengkerama satu sama lain dengan menggunakan teknologi perangkat seluler atau tablet adalah obat yang tepat untuk kembali. Setiap ada masalah dalam perjalanan teruskan bersama-sama kemudian hubungan emosionalpun kembali erat.

5. Traveling dengan anak-anak di tempat lain dari kebiasaan sehari-hari
Variasi saat sedang melakukan perjalanan traveling keluarga sangat dinantikan oleh anak-anak. Jika hari-hari berada di kamar yang itu-itu saja, saat bepergian, bisa memilih banyak alternatif untuk bermalam bersama keluarga. Seperti mencari di Kamar Zen, Menginap di alam terbuka, menginap di mobil. Khusus untuk mobil yang banyak wisatawan dunia yang mencerminkan kendaraan itu dapat digunakan sebagai tempat menginap sementara jika perjalanan jauh dan penginapan belum ditemukan. Istirahat dan tidur adalah hal yang sama pentingnya dengan traveling itu sendiri. Untuk itu rencanakan sematang-matangnya agar saat Anda menginap bersama keluarga dapat beristirahat dengan aman dan nyaman.

Apa Komentar Kamu?