Desain dan kemasan emas logam mulia ANTAM terbaru

Budaya Emas Nusantara

By

Beberapa waktu lalu sempat ramai dibicarakan warga net dalam negeri foto seorang perempuan bernama Jumrawati Paradillah saat menghadiri acara pernikahan salah satu kerabatnya. Dengan cepat foto-foto Jumrawati pun berseliweran dibagikan para pengguna media sosial. Yang membuat foto-foto perempuan asal Malaysia ini viral ternyata karena kebiasaannya dalam menggunakan beragam perhiasan emasnya.

Padahal, apa yang dilakukan sang ibu mungkin terlihat biasa bagi sebagian orang terutama selebriti papan atas di Amerika Serikat yang kerap memamerkan beragam perhiasan emas dalam setiap penampilannya. Diantaranya Kylie Jenner yang memperlihatkan gigi emas berlapis berliannya di media sosial atau Mr. T dalam penampilannya sebagai B. A. Baracus di serial The “A” Team yang populer di tahun 80-an.

Peluncuran desain dan kemasan emas logam mulia terbaru dari PT. Antam.

Bagaimana dengan Indonesia? Di beberapa daerah, sudah biasa kita melihat orang menggunakan gigi emas, walau tak dihiasi berlian. Sehingga bisa dikatakan jika emas di Indonesia sudah menjadi bagian kehidupan yang tidak bisa ditinggalkan. Di seluruh ujung Nusantara, emas sudah lama dijadikan sebagai investasi, tanda ikatan dalam pernikahan sampai perhiasan bayi yang baru lahir. Emas juga kerap dihubungkan dengan dunia mistis yang digunakan sebagai sarana menggapai mimpi, sebut saja susuk.

Herannya, hingga saat ini belum ada pihak yang dapat memastikan sejak kapan logam mulia ini hadir dalam kehidupan manusia terutama di Indonesia. Padahal emas bernilai sangat berharga dibanding logam lainnya, tak hanya bagi budaya, begitupun dalam setiap perhelatan olahraga. Dibanding perunggu dan perak, emas selalu menjadi medali penting dan bergengsi untuk diperebutkan atlet dari berbagai cabang olahraga. Termasuk dalam Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang.

Hebatnya lagi, peraih medali emas di Asian Games 2018 dijanjikan akan mendapat hadiah bonus mencapai Rp1,5 miliar! Karena dalam pesta olahraga semacam ini, emas tak lagi menjadi sekadar logam mulia, tak heran jika jumlah rupiahnya jauh lebih tinggi dibanding harga per gram emas yang ada dalam medali tersebut. “Ini bonus terbesar sepanjang sejarah Asian Games. Minimal Rp 1,5 Miliar bagi peraih medali emas, rumah, dan jadi PNS juga,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, Selasa (31/7/2018) seperti dikutip dari laman Tribun News.

Kembali kepada emas dan budaya Nusantara, beragam kerajaan dan kesultanan pun menjadikan logam mulia ini sebagai bukti kejayaannya. Beberapa diantaranya masih dapat dilihat di museum,  sehingga dapat terlihat betapa emas sudah menjadi bagian hidup dan memiliki tempat istimewa dalam budaya Indonesia yang juga memiliki tambang emas.

Di Indonesia, pertambangan emas dikelola oleh PT Aneka Tambang Tbk, atau yang biasa disebut dengan PT. Antam. Kegiatan perusahaan yang berdiri pada tanggal 5 Juli 1968 ini mencakup eksplorasi, penambangan, pengolahan serta pemasaran dari sumber daya mineral.

Senin (30/7) malam lalu, bertempat di Hotel Kempinski Jakarta, bersamaan dengan perayaan ulang tahunnya yang ke-50. PT. Antam melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM) meluncurkan desain dan kemasan emas logam mulia terbaru yang menjadi salah satu rekam jejak penting. Karena perubahan desain emas batangan dilakukan secara signifikan di tahun 1968, 1974, 1980, 1989, 1994 dan 2004.

Tersedia dalam pecahan 0.5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram. Emas ANTAM-LM edisi 2018 memiliki desain batik pada bagian belakang. Perubahan lain dari kemasan sebelumnya, kemasan terbaru memiliki dimensi yang lebih besar untuk denominasi yang sama. Dalam sambutannya, Direktur Utama PT. Antam, Arie Prabowo Ariotedjo, menyatakan bahwa produk emas baru ini berteknologi CertiCard sehingga meningkatkan kenyamanan dan keamanan pelanggan.

Emas ANTAM-LM dengan desain dan kemasan baru ini tersedia di seluruh jaringan Butik Emas ANTAM-LM dan mitra UBPP LM sejak 31 Juli 2018. Butik Emas ANTAM-LM menerima pembelian kembali produk emas ANTAM-LM baik yang lama maupun terbaru sesuai dengan kelengkapan dan ketentuan yang berlaku di seluruh Butik Emas ANTAM-LM.

 

 

*NGIDERNGILER.COM ADALAH MULTI USER PLATFORM, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNG JAWAB PENULIS.

Bagaimana Menurut Kamu?

You may also like

Hot News