Gak banyak orang yang tau kalau di suatu sudut kota Bandung, tepatnya di Jalan Cipedes Tengah No. 198 Bandung dekat area Pasteur dan kawasan Setrasari terdapat sebuah tempat yang asyik untuk kita nongkrong menikmati secangkir kopi sambil bercengkrama dengan sahabat atau pasangan atau hanya duduk sendirian melepas penat dan gundah sambil membaca buku di salah satu sudutnya.

HALOA COFFEE & EATERY

demikian nama tempat tersebut. Sebuah nama yang cukup unik dan terkonsep secara matang, buah pikiran dari para pendirinya. Mungkin tak banyak juga orang yang paham, bahwa nama Haloa yang diusung sebagai nama tempat ini, adalah nama serangkaian perayaan atau festival yang diadakan setiap musim panen di Yunani untuk menghormati Dewi Demeter yang merupakan dewi bumi yang diyakini bertugas untuk melindungi tanah dan hasil panennya. Nama tersebut dipilih berangkat dari keinginan untuk menghadirkan tempat yang menyenangkan dan menjadi solusi dari kebutuhan akan kreativitas bagi seluruh pelanggan yang datang.

Menurut kami, mengusung tema Yunani bagi sebuah coffeeshop tentu bukanlah hal yang biasa dan terbilang cukup berani. Setidaknya, pelanggan yang datang dan penasaran tentunya akan bertanya, mengapa namanya Haloa? Apakah di tempat ini disediakan menu-menu khas Yunani juga?

Sebelum kami mengulas lebih jauh tentang menu-menu yang tersedia, kami tertarik untuk menjelajah seluruh “isi” dari Haloa Coffee & Eatery ini terlebih dahulu. Di Haloa, ketika pelanggan datang, mungkin awalnya mereka akan sedikit kebingungan mencari lokasinya, karena meskipun letaknya persis di pinggir jalan raya, namun posisi bangunannya sendiri agak menjorok ke dalam karena bagian depan seluas kurang lebih 300 meter persegi dijadikan lahan parkir yang cukup luas.

So, buat kalian yang membawa kendaraan, nggak usah takut kesulitan untuk memarkirkan kendaraan kalian, karena di sini, motor atau mobil kalian bisa diparkir dengan leluasa dan aman tentunya karena ada petugas parkir yang akan menjaganya selama kalian di sana.

Begitu memasuki pintu depan yang dominan berwarna kuning cerah, kita akan langsung disambut oleh lambaian tangan boneka kucing yang terletak di atas meja tepat di sisi sebelah kiri pintu. Di meja tersebutlah seluruh kopi dan minuman lainnya diracik secara special untuk memanjakan rasa haus kita akan kopi yang nikmat.

Pun, kita akan langsung disambut oleh akang dan teteh di sana yang ramah, yang siap melayani kita. Meski tampak dari luar bangunannya sendiri tidak terlalu luas, namun ternyata ada beberapa ruangan yang yang dapat kita pilih sesuai dengan mood kita saat itu, dan well, tampaknya Haloa betul-betul memanfaatkan keseluruhan ruangan yang ada dengan baik.

Ada beberapa tema yang diusung oleh Haloa dengan hashtagnya #NgopiSesuaiMood. Di bagian depan, tepatnya di sayap kanan bangunan, terdapat ruangan yang mengambil tema WARM, dilengkapi dengan meja dan kursi yang semuanya terbuat dari kayu, dan dilengkapi dengan pendingin ruangan sehingga menjadikan ruangan ini sebagai tempat yang asyik buat kita untuk ngopi-ngopi cantik dan menikmati makanan sendirian atau bersama pasangan dan para sahabat sambil mengerjakan tugas kuliah atau sekadar ngobrol santai.

Jika kita masuk lebih ke dalam, lurus sejajar dengan pintu masuk, kita akan menemukan sebuah pintu yang akan membawa kita menuju bagian luar ruangan, tempat terbuka tanpa sekat yang terbagi menjadi dua yaitu tema UNFINISHED dan di paling belakang mengambil tema FUN.

Baca Juga:  Sari-sari, Aneka Kue Tradisional Indonesia

Di antara ruang Unfinished dan Fun, terdapat halaman terbuka yang cukup luas, dilengkapi dengan mini stage dan bangku-bangku serta meja mungil tempat kita bisa menikmati udara Bandung. Tempat ini cocok jika kita ingin mengadakan event musik, bedah buku, bahkan private wedding.

Over All, pengunjung  cukup menikmati venue yang ditawarkan oleh Haloa Coffee & Eatery dan sepertinya tempat ini akan menjadi salah satu tempat favorit untuk menyepi, dan bekerja di balik laptop sambil menikmati menu-menu makanannya yang beragam dan sangat nikmat. Buat kalian, tak perlu khawatir, kalian bisa nongkrong berlama-lama di Haloa, karena di sini terdapat banyak colokan, nyaris di setiap mejanya, dan juga koneksi internet yang lumayan wow sehingga pasti akan membuat kita betah ada di sana.

Selan menyajikan Kopi (di Haloa, bahkan mereka menyajikan menu kopi susu yang lumayan beragam, betul-betul sesuai mood kita), Haloa Coffee & Eatery juga menawarkan beragam makanan mulai dari Appetizer, Camilan, hingga makanan berat yang beberapa di antaranya adalah menu khas Yunani.

Begitu mencicipi menu di Haloa, kami langsung menyadari bahwa mereka memang betul-betul serius ketika membuka bisnis ini. makanan yang disajikan tidak hanya cantik secara penampilan, melainkan juga rasanya begitu lezat dan memanjakan lidah, diolah oleh Chef yang bisa dirasakan bahwa beliau memang mengerjakan semua menu di Haloa Coffee & Eatery dengan penuh cinta.

Untuk menu-menu yang ada di Haloa ini, memang mereka menyajikannya dengan sangat serius. Misalnya untuk menu perkopian, mereka memiliki kerjasama dengan kebun kopi karena mereka berusaha untuk mengolahnya dari hulu ke hilir. Tak tanggung-tanggung, kebun kopi yang mereka miliki ada di wilayah Ciwideuy dan Sukabumi.

Untuk makanan, yang mereka tonjolkan adalah menu Steak. Namun selain itu mereka menyajikan juga menu lainnya seperti menu-menu khas Western, Yunani, dan Indonesia. Berikut adalah beberapa menu maincourse khas Haloa yang bikin “nagih” lidah:

GREEK BEEF GYROS TZATZIKI

GREEK BEEF GYROS TZATZIKI

Menu yang dibanderol seharga Rp. 85,000 ini adalah menu Steak daging Wagyu ala Yunani yang dihidangkan dengan kentang goreng berbumbu khas, roti pita, dan salad sayuran berlimpah dilengkapi dengan yoghurt Yunani sebagai sausnya. Daging Wagyu yang dibakar matang ini rasanya mirip-mirip dendeng ala Indonesia namun memiliki lapisan daging yang tebal, dan sangat terasa bumbu rempahnya. Jika kamu memesan menu yang satu ini, seluruh kebutuhan gizi kamu pastinya akan terpenuhi karena seluruh komponen seperti karbohidrat dan protein nabati dan hewani lengkap ada di dalamnya. Salad sayurannya enak lho! Ada lettuce, tomat, bawang Bombay, dibalut dengan minyak zaitun dan kucuran jeruk nipis membuat kesegarannya melengkapi steak, roti pita dan kentang goreng.

GRILL MARINATED WAGYU TENDERLOIN
GRILL MARINATED WAGYU TENDERLOIN

GRILL MARINATED WAGYU TENDERLOIN

Jika di menu sebelumnya daging wagyu diolah secara welldone alias tingkat kematangannya sempurna, maka di menu Grill Marinated Wagyu Tenderloin ini kami meminta tingkat kematangannya medium rare. Steak ini dilengkapi dengan Mashed Potato yang teksturnya super lembut dan gurih, serta sayuran matang yang direbus sempurna berisi wortel, buncis dan kembang kol. Saus kali ini adalah Mashroom Sauce favorit sepanjang masa. Dan di sini Mashroom Saucenya nggak bikin eneg. Gurih dan asinnya sempurna banget buat lidah yang suka yang rasanya bervariasi.  Ada beberapa tempat yang menyajikan Mushroom Sauce terlalu asin, dan terlalu encer. Namun untuk yang satu ini, patut kami acungi jempol. Oh iya, harganya Rp. 145,000. Terlihat mahal? Mungkin. Tapi ukuran daging Wagyunya yang nggak main-main membuat harganya masih masuk akal.

Baca Juga:  Bakar-bakaran Wagyu di Shingen Izakaya
STEAM FISH DABU-DABU

STEAM FISH DABU-DABU

Ini adalah menu ikan yang dimiliki dan menjadi andalan dari Haloa Coffee and Eatery. Menggunakan Ikan Dori yang dimasak dengan cara disteam, kemudian disajikan bersama sambal dabu-dabu yang diletakkan di atasnya, membuat penampilan Steam Fish Dabu-dabu ini terlihat cantik dan segar. Ikannya fresh banget. Sambalnya juga dibuat dadakan sehingga warnanya masih sangat cerah. Porsinya juga cukup besar dengan nasi yang juga mengenyangkan, hingga harga Rp. 39,000 untuk menu ini menjadi sangat worthed.

SOP BUNTUT ORIGINAL

SOP BUNTUT ORIGINAL

Setelah menikmati menu ala Yunani dan Western di atas, kami juga berkesempatan mencicipi menu khas Indonesia yang satu ini. dan ini bakalan jadi menu kategori sop buntut andalan yang bakal jadi best seller, kuah kaldunya begitu kaya rempah, dan nggak pelit bumbu. Seger banget! Ingin rasanya pengen kasih nilai 9,9 untuk makanan ini. kalau kalian mampir ke Haloa, saran kami, jangan lupa order Sop Buntut Originalnya ya!

MIX PLATTER

Selain menikmati makanan berat, tak lupa memesan beberapa camilan yang bisa nikmati bersama teman-teman yang lain. Seketika langsung jatuh cinta pada beberapa menu yang dipilih saat itu, misalnya saja Mix Platter yang menyandingkan Union Ring, Mushroom Crispy dan Potongan ayam crispy yang disajikan lengkap dengan saus mayonnaise pedas yang rasanya nendang banget. Atau seporsi pisang goreng caramel yang dihidangkan dalam potongan-potongan kecil, digoreng tepung dan disiram saus caramel yang tidak hanya penampilannya saja yang cantik, namun juga rasanya ketika pisang itu diambil sepotong dan mengunyahnya, mata langsung merem melek karena tingkat kematangan dari pisang itu sempurna. Tidak terlalu matang, juga tidak sepet.

Semua bumbu yang menyelimuti hidangan di Haloa Coffee & Eatery sangat berpadu sedemikian pas dan berjodoh

Sepertinya, supaya kalian tidak penasaran, lebih baik kalian langsung saja mampir ke Haloa deh, kalian nggak bakal menyesal, suer!

Oh iya, Haloa juga menyediakan workspace buat kalian yang sedang membutuhkan ruangan kantor, dengan harga yang terjangkau dan bisa digunakan sampai dengan lima orang lho.

Rate makanan dan minuman di Haloa mulai dari Rp. 25,000-150,000 saja. Cukup terjangkau dan terbilang murah untuk segala kelezatan dan fasilitas yang tersedia. Selamat menikmati!

 

Haloa Coffee & Eatery

Jl. Cipedes Tengah No. 198

Bandung

Instagram: @haloa.cafe

 

 

 


Note: NGIDERNGILER.COM memiliki fitur Multi User Generated, maka setiap artikel adalah tanggung jawab penulis


 

 

Bagaimana Menurut Kamu?