Kenali Kelebihan dan Kekurangan Kamera Mirrorless Sebelum Membeli

By
Image: dokumentasi milik ngiderngiler.com

Kalau kamu sedang galau karena dihadapkan pada dua pilihan yang sulit, antara memilih kamera mirrorless dengan DSLR, kira-kira manakah yang akan kamu beli? Ada baiknya kamu menyimak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan kamera mirrorless dibandingkan kamera DSLR. Manakah yang lebih baik di antara kedua kamera tersebut?

Perdebatan soal mana yang lebih baik memang sudah berlangsung sejak lama. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan. Ada yang menyebut Harga kamera mirrorless murah dan terjangkau, ada yang bilang kamera DSLR lebih profesional, dll. Jadi kalau sekarang kamu ditanya mau pilih yang mana? Kamu harus menanyakan terlebih dahulu kepada dirimu, kira-kira kamera seperti apakah yang kamu butuhkan?

Beberapa tahun yang lalu, ukuran kamera yang besar dan berat biasanya menandakan bahwa kamera tersebut adalah kamera yang bagus dan penuh dengan fitur, yang akan membantu kita menghasilkan foto profesional dan bagus. Tapi itu dulu…

Kalau sekarang, untuk mendapatkan foto profesional, kita tidak lagi butuh kamera yang besar dan berat. Kemajuan teknologi membuat segala sesuatunya jadi lebih ringan dan kecil. Dengan komponen yang makin sedikit dan sederhana, serta bentuk yang makin compact membuat ongkos produksinya semakin minim. Efeknya, hal tersebut membuat harga kamera mirrorless murah dan makin terjangkau.

Begitu juga dengan harganya. Untuk mendapatkan kameranya bagus, saat ini dengan budget antara Rp 3-5 juta kita pun sudah bisa menggondol kamera yang mumpuni. Sekalipun statusnya masih di ranah entry-level.

Dan ngomong-ngomong soal kamera mirrorless, hampir semua vendor kamera terkenal mengeluarkan dan memproduksi kamera jenis ini. Mulai dari Canon, Nikon, Sony, Fujifilm, Panasonic, hingga nama-nama tidak terkenal seperti Cognos, Amkop, dan XCSource, dan GoPro.

Apa kelebihan dan kekurangan kamera mirrorless?

Di sini kita tidak akan membahas panjang lebar mengenai perbandingan antara kedua kamera professional tersebut. Melainkan, kita akan membahas secara khusus mengenai kelebihan dan kekurangan kamera mirrorless saja. Tapi sebelum itu, ada baiknya kamu update sedikit pengetahuan soal kamera mirrorless agar tahu lebih jelas “apa itu kamera mirrorless?”

Kamera mirrorless

Sesuai dengan namanya, ini adalah kamera tanpa cermin yang sejatinya adalah sebuah DSLR (yang dihilangkan bagian “cerminnya” atau pemantul cahayanya yang disebut mirrorbox. Tanpa pemantul cahaya yang berfungsi untuk membelokkan cahaya dari lensa ke jendela bidik optis, membuat ukuran kamera (yang asalanya DSLR) bisa diciutkan. Tentu saja tanpa mengurangi kualitas gambar yang ditangkapnya dan tanpa menghilangkan ketersediaan fungsi gonta-ganti lensa.

Keunggulan dan kelemahan mirrorless camera

Keunggulan kamera mirrorless

  • Ukurannya lebih kecil dan bobotnya pun lebih ringan
  • Konstruksinya lebih sederhana (tanpa komponen mekanik untuk mirrorbox)
  • Proses membidik objek atau framing bisa langsung dilakukan lewat layar LCD yang dapat diputar sedemikian rupa, sehingga objek yang berada di sudut-sudut sempit dan sulit bisa dijepret dengan maksimal
  • Dengan bantuan LCD, kita bisa langsung melihat perubahan hasil exposure, ISO, white balance, dan melakukan berbagai penyesuaian parameters aperture
  • Dengan LCD, kita bisa melihat langsung berbagai informasi yang berguna seperti histogram atau level indicator, dan lain-lain. Kelebihan ini juga sebenarnya sudah hadir pada kamera DSLR modern
  • Berbagai pemangkasan tersebut membuat harga kamera jadi makin murah dan terjangkau dibandingkan dengan DSLR
  • Hasil rekaman video kamera mirrorless diakui oleh banyak pengguna lebih baik dibandingkan dengan DSLR

Kekurangan/kelemahan kamera mirrorless

  • Kita tidak bisa membidik objek apabila kamera tidak dinyalakan
  • Cenderung lebih boros daya karena kita harus mengaktifkan sensor dan LCD agar bisa melihat objek dan gambar
  • Beberapa kamera mirrorless mengalami masalah red dot pattern akibat jarak flange yang sangat pendek

Bagaimana? Sudah memutuskan membeli kamera seperti apa? Yang penting sesuaikan dengan budget dan keperluannya ya.

 

 

*NGIDERNGILER.COM ADALAH MULTI USER PLATFORM, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNG JAWAB PENULIS.

Bagaimana Menurut Kamu?

You may also like

Hot News