Punya masalah dengan maag atau gangguan pada lambung dianjurkan tidak meminum minuman berkafein. Salah satu minuman berkafein yang cukup keras dilarang adalah minum kopi. Pada dasarnya minum kopi bisa membuat sakit maag / membuat maag kamu kambuh. Tapi apakah betul orang yang punya gangguan pada lambung / sakit maag tidak boleh minum kopi sama sekali?

Kafein yang terkandung dalam kandungan kopi bisa meningkatkan produksi asam dan peradangan pada lambung. Selain itu juga kafein bisa membuat cincin otot kerongkongan rileks pada bagian bawah sampai asam lambung bisa naik sampai kerongkongan seperti refluks asam lambung (GERD) yang dikenal juga sebagai penyakit maag.

Kopi yang rendah kafein pun terbukti bisa memicu kambuhnya maag dan merangsang produksi asam lambung. minum kopi itu disarankan jangan dikonsumsi ketika perut kosong karena sangat gampang untuk membuat asam dalam lambung cepat naik. Yang kemudian akan menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari tentunya.

Para peminum kopi rata-rata mengkonsumsi 200 mg kafein atau bisa disetarakan dengan 1-2 cangkir kopi perhari dan untuk orang sehat hal ini tidak akan berefek apapun. Tapi meskipun sehat lalu mengkonsumsi kafein lebih dari 200mg perhari, besar kemungkinan akan berdampak pada sakit lambung atau maag.

Jadi ada baiknya kamu mengurani asupan minum kopi dari takaran paling banyak secangkir kecil dalam satu hari, tapi jika lebih dari itu kamu bisa siapkan sesuatu yang bisa menjadi solusi sakit maag

Bisa juga pilih kopi yang mengandung kafein sedikit dan menurut penelitian bahwa kopi yang diseduh pada umumnya mengandung 135 mg kafein sedangkan jika kamu membeli di warung ataupun di kedai kopi adalah setara dengan 8 ons persajian dan hal tersebut masih terhitung dalam ukuran kecil.

Faktor lain yang membuat kafein menjadi berbeda-beda adalah kandungan jenis kopi yang dipanggang. Semakin lama kopi dipanggang maka semakin hitamlah warnanya dan semakin tinggi pula kafein nya. Tapi jika kamu ingin kopi yang rendah kafein salah satunya adalah kopi hijau.

Untuk mengurani resiko gangguan lambung yang disebabkan oleh kopi maka pintar-pintarlah mengatur asupan kafein ke dalam perut atau mungkin kamu punya solusi sakit lambung lain untuk penyakit yang tidak membuat nyaman?

Semuanya terserah kepada kita, sesuatu yang berlebih memang tidak akan baik hasilnya

Bagaimana Menurut Kamu?